Windows 8 Developer Version

Windows 8 Developer Version alias windows 8 versi developer / tester sudah direlease dan sudah bisa dinikmati oleh pecinta mikocok microsoft windows. Windows 8 ini rencana akan di release pada tahun 2012 mendatang. Aku sendiri beberapa hari lalu sudah mendownload file ISO Windows 8 ini. Pengorbanan laptop yang harus menyala kurang lebih 15 jam untuk menyelesaikan download Windows 8 Developer version ini yang ukurannya sebesar 2.8 Gb. Setelah selesai download, langsung di coba menggunakan Virtual Machine (VMWare) versi 7 ternyata tidak berhasil. Setelah googling ternyata untuk menggunakan windows 8 ini di virtual machine harus menggunakan VMware versi 8. Alhasil tadi sore download vmware versi 8 dan langsung dicoba menginstal windows 8 dan suksesss :silau:

Ini beberapa review singkatku mengenai Windows 8 yang telah dicoba beberapa jam menggunakan VMware versi 8 :

  • Untuk Instalasi Windows 8 : Proses instalasi windows 8 ini hampir sama dengan proses windows 7. Perbedaannya adalah di windows 8 nanti di akhir instalasi akan ada pilihan untuk teman-teman apakah akan membuat user account menggunakan email @live.com atau menggunakan user account biasa seperti windows 7. Aku sendiri tadi mencoba untuk membuat akun sendiri karena tidak punya akun email live.com 😀 Ini dia penampakan user login.
User Account Windows 8
Tampilan User Account Windows 8
  • Menu Start Windows 8 : Menu start di windows 8 mengalami perubahan total. Keliatannya microsoft ingin membuat komputer touch screen di masa mendatang. Soalnya style menu start windows sekarang bentuknya besar-besar dan juga slider. Dan cocok sekali untuk layar sentuh. Mungkin sama kayak slogannya Windows 8 yaitu Touch The Future makanya windows mengadopsi style seperti touch screen. Cukup membuat bingung pokok e 🙁 Tapi kalau udah masuk menu Desktop, ya tampilannya kayak windows 7 home screen lah. Kayak gini penampakannya menu startnya :
Menu Start windows 8
Tampilan Menu Start windows 8

 

  • Windows Explorer dan Control Panel : Tampilan windows explorer dan control panel di windows 8 ini tidak jauh dengan windows explorer dan control panel di windows 7 atau vista. Hampir sama. Perbedaan mencolok hanya di toolbar atas. Ada berbagai menu seperti di MS Word 2007. Jadi masuk ke menu explorer rasanya malah kayak di MS Word mau ngetik 😀 Berikut penampakannya :
Windows Explorer di Windows 8
Windows Explorer di Windows 8

 

  • Browser di Windows 8 : Windows 8 keliatannya akan menggunakan Internet Explorer 9 (IE9) sebagai default browser dan menggunakan BING sebagai default search engine. Saat coba browser IE9 ini, terasa nyaman dan enak banget. Kenceng untuk ngeload web/blog yang cukup berat. Blog tomipurba [dot] net saat dibuka juga lancar dan fixed. Tidak ada css yang rusak atau tidak terload sempurna. Maknyus pokok e. Ni screenshotnya #narsisDikit 😀
Browser Windows 8
Browser Windows 8

 

dan masih banyak lagi lah kelebihan windows 8 ini. Belum bisa review banyak lah baru beberapa jam dicoba. Untuk ukuran lelet apa gak, keliatannya spesifikasi minimum hampir sama kayak 7. Saya coba di Virtual Machine sih jadi pasti tetep terasa sedikit lebih lambat. Yang menjadi harapannya semoga Windows 8 besok kalau udah Final Release bisa diunduh gratis minimal 1 free 1 tahun kayak dulu pas launching Windows 7 kan jadi banyak pengguna windows hehehe.. Syukur-syukur free selamanya jadi bisa kayak OS Linux yg open source (NGIMPIII 😀 )
Sekian dulu reviewnya, yang udah coba juga windows 8 developer version mohon share juga pengalamannya di kotak komentar yak. Go Go Blog!

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of