Waktu Optimal Membuat Pos di Sosial Media

waktu-optimal-membuat-pos-di-sosial-media

Hai pembaca semua. Nama saya ijhal, seorang blogger pemula. Asal saya Sulawesi Tengah dan sekarang menetap di Yogyakata. Kali ini saya diberi kesempatan oleh Mas Tomi Purba untuk menjadi blogger tamu di tomipurba.net. Sungguh sebuah kehormatan bisa membuat artikel disini. Oh iya, saya juga baru bergabung dengan Komunitas Blogger Jogja :). Bagi anggota KBJ yang membaca salam kenal. Cukup sekian perkenalan dari Saya, langsung saja beralih ke artikel yang dimulai dari paragraf dibawah ini.Jumlah pengguna sosial media belakangan ini berkembang semakin pesat. Tentunya dengan fakta seperti ini, agak mubazir bila kita hanya sekedar ikut meramaikan tanpa memetik manfaat. Bila Anda memiliki sebuah produk atau jasa yang ingin disebarkan seluas-luasnya, maka social media bisa jadi jawaban tepat.

Sosial Media berjalan selama 24 jam dalam 1 minggu dan seterusnya. Kita tidak mungkin memantau sosial media setiap saat, walaupun Anda mempunyai profesi sebagai social media strategist. Lalu bagaimana cara mengoptimalkan penyebaran informasi tentang produk dan jasa Anda dengan social media? Ada beberapa cara untuk mewujudkan ini.

Trial dan Error

Dengan memposting link menggunakan link shortener, seperti bit.ly atau ow.ly, Anda dapat melacak berapa jumlah seseorang melakukan klik pada link yang Anda bagi. Anda juga akan menyimpan catatan ketika membagikan sebuah pesan untuk menentukan seberapa banyak interaksi yang diterima oleh setiap pesan tadi. Ini akan membuat Anda mampu untuk menentukan tidak hanya waktu yang tepat untuk membuat post ,tapi juga dimana lokasi audiens Anda  yang terbanyak.

Belajar dari Penilitian Orang lain

Waktu yang tepat untuk membuat pos di sosial media memang topik yang hangat dan menghasilkan banyak penelitian yang menakjubkan. Dari sejumlah sumber, berikut hasil penelitian tersebut.  Ketika membuat post di Facebook, Twitter, dan Google+  waktu dibagi menjadi waktu terbaik dan waktu terburuk. Untuk mengoptimalkan jangkauan informasi Anda, direkomendasikan untuk memperhatikan waktu-waktu berikut:

  • Facebook
    Baik – Senin sampai kamis, diantara jam 10 pagi sampai 4 sore.
    Buruk – 8 malam sampai 8 pagi.
  • Twitter
    Baik – Senin sampai kamis, diantara jam 1 siang sampai 3 sore.
    Buruk – 8 malam sampai 9 pagi.
  • Google+
    Baik – Pada hari kerja, diantara jam 9 pagi sampai 11 pagi.
    Buruk – 6 malam sampai 8 pagi.

Ketika menentukan kapan membuat pos di social media harap memperhatikan audiens, produk atau jasa Anda serta jenis pesan di postingan. Sebagai perbandingan, waktu ideal untuk sebuah toko sepatu lokal sangat berbeda dengan yang telah berada di level nasional. Juga hati-hati terhadap zona waktu, yang harus sesuai dengan lokasi target audiens berada.

Sekian artikel tentang waktu yang optimal untuk membuat pos di social media, Saya sangat sadar artikel ini masih banyak kekurangannya. Kepada pembaca yang lebih mengetahui tentang hal ini, mohon tinggalkan komentar. Atas semuanya terima kasih banyak. See you again, dear readers.

Oleh: Ijhal
Website: http://www.randombagi.com/

18
Leave a Reply

Please Login to comment
12 Comment threads
6 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
14 Comment authors
7liveasiatomiafitBayu Krisna IrawanEventJogja Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Muflich Kamil
Guest

Itu mah biasa, kalo jam segitu emang orang lagi kerja. Sebenernya kalo mau jadi social media specialist atau apa namanya itu, kudu ngerti seberapa tinggi nlai CTR, bukan sekedar berapa impresi.

Misalnya yah, yang tak tahu itu paling baik waktu tweet maupun posting fb itu pada saat liburan, atau dalam kalender mingguan biasa itu jatuh pada hari sabtu-minggu.

Waktunya? Tentu saat orang merasa rileks, kebanyakan udah pulang ke rumah, dan tidak mengganggu apapun. Jam 5-7 malem itu paling baik. Jam 8 malem udah pada makan malam dan nggak peduli itu.

Salam kenal mas, masih baru disini ya ~

ndop
Guest

dulu pernah dibahas di internet sehat nih. Buta job twit, biasanya dijadwalkan jam 12-1 siang dan 7-8 malam kalo gak salah.

farizalfa
Guest

Kalau lagi ada ide buat nge-tweet biasanya saya gak nunggu waktu yang tepat.. kalau mau pas jam 12-3 sore tinggal dijadwalkan saja. 🙂

electric car
Guest

Nggak pernah perhatikan waktu. asal ada mood ya nulis… 😀

Hanif Mahaldi
Guest

Bener tipsnya. Saya sering coba pakai short url dan hasilnya kita bisa lihat mana judul artikel yg menggelitik di sosmed mana yg tidak. Jadi bisa meningkatkan traffic blog. 😀

aLdyputRa
Guest

Baru main2 lagi ke blognya om tomi euy.

Kalau aku sih semua jam baik buat nge-tuit/nge-post artikel. Yang membedakan cuma target audiences-nya aja sih. 🙂

Kalau untuk brand dll, aku lebih suka :

Post : 19.00 – 21.00
Tweet : 11.00 – 14.00 / 20.00 – 21.00

Berbeda orang, tentu berbeda pandangan om tom 🙂

tomi
Guest

yoii om teren.. tergantung habit dan tema yg akan di buzz apa dl.. karena kalau tentang anak muda tp ngebuzz jam 12 siang malah gak nyampe.. harusnya malam 😀

eserzone
Guest

Akan lebih baik lagi sebenarnya jika yang seperti ini disertai dengan bukti screenshoot berdasarkan pengalaman dari sang penulis artikel 🙂

Wansa Ramadhan
Guest

Intinya, yang buruk itu pada waktu hari libur dan jam istirahat/tidur gtu ya?

EventJogja
Guest

wah ada data hasil penelitian lengkap, harus dicoba nih 😀
biasanya cuma mengandalkan kebiasaan saja, kira2 yg banyak interaksi itu ya pagi sebelum berangkat, siang pas makan, sore menjelang maghrib hehehe

Bayu Krisna Irawan
Guest

biasanya orang paling sering buka sosmed pas jam sore. mungkin pas udah kelar mandi, santai sambil iseng-iseng buka sosmed.

Salam kenal mas

afit
Guest

share pengalaman, coba pake HootSuite aja, nanti pake fitur ‘auto schedule’. HootSuite akan secara otomatis menganalisa kapan jam yang rame/follower banyak yang online dan akan mentweet/post FB status.

Ini udah sering saya lakukan di blog dan hasilnya emang mantep. Trafik dan engagement-nya meningkat

7liveasia
Guest

Jadi bisa meningkatkan traffic blog. 😀