Upload Foto Facebook Dari Ponsel

Sapa sih yang tidak kenal dengan Facebook atau yang lebih sering disebut dengan FB? Pasti hampir semua orang punya akun FB kan termasuk teman² blogger? hehehe… Dengan FB kita bisa sharing informasi, membuat group / fans, chatting dan juga upload foto². Upload photo merupakan salah satu fitur yang juga sering digunakan oleh para pengguna FB untuk menyimpan photo kesayangan ataupun event tertentu tanpa takut adanya limit disk space dan tentunya gratis hehe.. Bagi pemilik ponsel Blackberry atau Iphone, untuk mengupload photo di FB pasti tak ada kesulitan karena memang di ponsel tersebut sudah dibekali fitur upload photo secara otomatis. Nah bagaimana dengan nasib teman² blogger yang tidak punya BB ataupun iphone? Masa gak bisa upload photo langsung ke FB via ponsel?? Jawabannya bisa kok! Ni kemaren aku iseng² upload photo ke FB via ponsel (emang baru kurang kerjaan heheh….). Syaratnya punya HP yang bisa terkoneksi dengan internet bisa melalui GPRS, EDGE, HSDPA, ataupun Wifi (aku mencoba pake HP E63 dengan kartu GSM telkomsel), terinstal opera mini versi 4.2 (kalo gak punya bisa donlod atau cari di mbah google hehe…), pulsa yang cukup (mungkin banyak menyedot pulsa teman²) dan secuil pisang goreng (sapa tau laper pas nunggu uploadnya hahaha…). Ni beberapa langkah² dan screenshot hasil eksperimenku hehe ..

  • Buka Opera mini 4.2 dan ketikkan alamat lengkap facebook. Maka teman² otomatis akan dibawa ke FB versi mobile(m.facebook.com). Hal ini disebabkan facebook telah disertai script untuk mendeteksi browser yang dipake penggunanya. Tapi jangan kuatir, klik pada tulisan click here untuk keluar dari FB versi mobile dan menuju ke Full Site FB
  • Setelah itu silahkan teman² login dengan cara masukkan username dan password akun FB teman².
  • Setelah login, maka kita akan dibawa ke tampilan home FB. Nah seperti biasa kalo kita ingin upload photo, kita masuk ke menu profile -> photo -> Add more photos
  • Karena di setiap ponsel rata² tidak mendukung applet java untuk memilih photo, maka kita upload photonya menggunakan Simple Uploader dengan cara meng-klik tulisan Try to Simple Uploader dan kita memilih photo yang ingin kita upload. Kita akan mengeksplorari isi memory HP kita.
  • Sebelum mengeksplorasi isi memory Hp kita, Opera akan meminta iji kepada pengguna untuk membaca data² di dalam ponsel kita. Kita pilh Yes aja. (kejadian ini akan berulang² hingga kita memilih photonya)
  • Setelah selesai memilih photo, jangan lupa beri tanda centang pada agreement term of use. Dan kemudian tekan tombol upload seperti biasa. Nih sebagai contoh kebetulan aku upload photo ukuran 531 Kb hehe.. nah ini makanya aku bilang tadi kita butuh secuil pisang goreng, kan kalo kelamaan kita bisa ngemil dulu hehehe…
  • Selesai deh uploadnya. Kita bisa bisa memberikan ‘tag’ di photo tersebut dengan cara mengklik photonya. Jangan lupa klik save changes dan Publish Now. Nah setelah terpublish, kita bisa langsung ngecek hasilnya di menu Home atau profil FB teman² hehe..

Hehehe,,, serasa punya BB deh bisa upload langsung ke FB tanpa halangan. Aku juga sempat pake Opera Mini 5 Beta, tapi gak tau kenapa gak bisa milih file photo yang ingin diupload. Apa mungkin karena masih beta ya jadi masih banyak kelemahan hehe.. O iya, total transfer data yang aku gunakan untuk upload cuma sekitar 1000 kb sudah termasuk ukuran photo yang sebesar 531 Kb.. Makanya sekarang aku kalo ada event / kejadian yang menarik, langsung aku photo dan aku upload deh hehe..

Sebenarnya masih ada sih cara lain upload photo FB via ponsel yaitu dengan cara mengirimkan photo kita ke FB via MMS. Jadi kita tinggal buat MMS biasa dan dikirim ke alamat email yang telah diberikan FB kepada kita. Email dapat dilihat dengan cara masuk ke menu photo kemudian masuk ke menu upload photo di FB versi mobile. Tapi kalo aku kurang mantab aja pake MMS, karena photo yang kita MMS kan terkadang lama yang masuk ke profil FB kita.

Nah sekian dulu postingan ini. Semoga bisa bermanfaat hehe… Sampai ketemu di Afsel 2010 hahaha… Three Lions must be winner hehehe…

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of