Ujicoba Samsung ATIV Smart PC

 

 

Samsung ATIV Smart PC

 

Beberapa waktu lalu, Samsung mengadakan media workshop dan ujicoba Samsung ATIV Smart PC di Jakarta dan kebetulan aku berkesempatan untuk ikut serta. Samsung ATIV Smart PC ini merupakan gabungan dari  laptop dan tablet. Hal ini disebabkan karena Samsung ATIV Smart PC ini layarnya bisa dilepaskan dari papan keyboard dan bertranformasi menjadi tablet. Tapi jika kita membutuhkannya sebagai notebook, ya kita tinggal pasangkan kembali layarnya ke papan keyboard. Samsung ATIV Smart PC ini juga dibekali dengan operating system Windows 8 dimana menjadikannya sebagai Samsung tablets windows 8 pertama di Indonesia.

Sampai di lokasi, aku bertemu dengan beberapa teman blogger serta awak media lainnya.Setiap orang yang hadir dalam media workshop ini diperbolehkan test drive atau ujicoba Samsung ATIV Smart PC ini. Ini penampakan aku bersama Samsung ATIV Smart PC yang super tipis dan ringan plus kereeen itu :

 

Tomi Purba test Samsung ATIV Smart PC

 

Sesuai dengan namanya ATIV yang berupa kependekan dari Art of Technology, Inspiration of Versatility, Samsung ATIV Smart PC ini memang memberikan nilai seni yang baru dalam dunia teknologi karena mereka menghadirkan gadget multi fungsi yang benar-benar menginspirasi setiap orang yang membutuhkan perangkat bisnis yang bisa bekerja dalam tingkat mobilitas yang tinggi.

Beberapa fitur Samsung ATIV Smart PC menurut aku antara lain :

  • Menggunakan operating system Windows 8 yang sudah kompatibel dengan berbagai perangkat. Kesan pertama menggunakan Windows 8 rasanya lebih ringan dan tampilan homenya memang keren.
  • Samsung ATIV Smart PC dilengkapi dengan layanan dan konten dari Samsung yang unik antara lain Family Story Samsung, ChatON dan S Note, S Camera dan S Pen
  • Dukungan multi-touch screen sampai 10 jari membuat ATIV Smart PC ini nyaman digunakan. Tingkat sensitivitas yang tinggi juga membuat Smart PC ini bisa digunakan untuk pinch to zoom, memutar gambar dan scroll halaman saat browsing / explore dengan sangat mudah.

Saat ujicoba Samsung ATIV Smart PC kemarin, keunggulan utama yang membuat aku sangat berkesan adalah fitur S Pen, S Note dan S Camera. Meskipun berbentuk notebook / PC, Samsung ATIV juga menyediakan S Pen yang berfungsi untuk menulis ataupun menggambar di tablet dengan sensitivitas 1024-pressure. Kita bisa menggambar secara detail sekali, seperti kalau kita menggambar menggunakan pensil di kertas. Benar-benar maksimal sekali hasilnya. Sedangkan S Note adalah aplikasi yang mirip dengan aplikasi Word. Dengan S Note kita dengan mudah membuat catatan, menggambar dan update informasi ketika berpergian menggunakan S Pen. Selain itu, S Pen juga memiliki berbagai pilihan template untuk membantu pembuatan berbagai jenis dokumen dan gambar. Dalam acara media workshop kemarin ada lomba menggunakan S Note, sayang aku belum beruntung 😀 .  Akan tetapi saat mencoba menggunakan S Note, sangat mudah sekali membuat sebuah presentasi yang berisi gambar dan tulisan. Kemarin aku mencoba membuat 1 slide yang berisi 1 foto mengenai kota tua dan corat coret langsung menggunakan kedua jariku. Buat yang hobby menggambar, Samsung ATIV Smart PC ini cocok bangetlah karena dimana ada inspirasi datang, bisa langsung dituangkan saat itu juga menggunakan Samsung ATIV Smart PC tersebut.

Samsung ATIV Smart PC ini dilengkapi dengan Intel Atom dengan memory sebesar 2 Gb membuat aku nyaman meskipun buka banyak aplikasi. Tak ada lagi yang namanya tablet lemot karena pada dasarnya Samsung ATIV Smart PC adalah notebook. Selain itu di Samsung ATIV Smart PC ini juga sudah dilengkapi USB 2.0, mHDMI, miniSD dan mempunyai daya tahan baterai hingga 13.5 jam membuat kita bisa colok USB. Dan jangansalah, Samsung ATIV Smart PC sudah mendukung resolusi HD jadi kita bisa nonton film HD dengan enak dan nyaman.Tingkat kecerahan layar juga bagus.Karena sudah mendukung USB 2.0 dan layar HD, jadi kita bisa membawa file koleksi film HD menggunakan Flashdisk dan bisa menonton dimana aja kita mau deh film kesayangan kita

Satu lagi kelebihan Samsung ATIV Smart PC adalah dukungan konektivitas 3G yang memungkinkan kita bisa konek ke internet tanpa harus mencari pusat hotspot ataupun WiFi. Simcard yang digunakan bentuknya micro simcard, jadi buat teman-teman yang masih menggunakan simcard seluler yang bentuknya masih gede, bisa ditukar dulu ke bentuk mikro ke gerai-gerai provider masing-masing. Samsung ATIV Smart PC juga dilengkapi dengan NFC, Bluetooth dan A-GPS. GPS keliatannya memang bukan barang yang penting tapi harus ada untuk sebuah gadget karena apabila kita sedang traveling, kita tak akan pernah tersesat lagi.

Untuk detail spesifikasi Samsung ATIV Smart PC adalah sebagai berikut :

  • Sistem Operasi : Windows 8 (32-bit) Asli
  • Layar : 11,6″ HD LED Display (1366 x 768)
  • Warna : Blue
  • Ports : 1 Micro HDMI,  1 USB2.0, MicroSD Multi-media Card Reader, 1 Headphone out / Mic-in Combo, 1 Dock Port, 1 DC-in
  • Daya : 2 Cell (30Wh), 40W AC Adapter
  • Perangkat Lunak : S Note, S Player, S Gallery, PowerDVD, Settings, Support Center, SW Update, Norton Internet Security (60 days Trial), Norton Online Backup (30 days Trial),
  • Processor / Chipset : Intel® ATOMâ„¢ Processor Z2760 (1,5GHz, L2 512KB)
  • Memori : 2GB LPDDR2 System Memory at 800MHz (on BD 2GB)
  • Multimedia : Stereo Speakers ( 0,64W x 2 ),  Internal Dual Array Digital Mic, 2.0 megapixel Webcam (front), 8.0 megapixel Webcam with Flash (rear)
  • Input : Touch screen
  • Dimensi : 304 x 189,4 x 9,9mm (11,97″ x 7,46″ x 0,39″)
  • Fitur Lain : Ambient Light Sensor,  Accelarometer Sensor, Compass Sensor, Gyro Sensor, GPS
  • Grafis : Intel® Graphics Media Accelerator
  • Hard Drive : 64GB e.MMCiNANDâ„¢ Embedded Flash Drive
  • Komunikasi : 802.11abgn 1 x 1, Bluetooth v4.0, HSPA+
  • Keamanan : TPM (Trusted Plaform Module)
  • Berat : 0,744Kg (1,63lbs) [Wifi Model]

Intinya buat teman-teman yang membutuhkan perangkat yang multifungsi tapi bisa mendukung segala hobby dan pekerjaan, sudah pasti pilihannya jatuh ke Samsung ATIV Smart PC atau Samsung ATIV Smart PC Pro yang menggunakan processor Intel Core i5 dan mendukung full HD ( 1920×1080). Mantabkan, enakkan, makanya pilih ATIV Smart PC

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of