Tutorial Menampilkan Jumlah Komentar

Postingan tutorial menampilkan jumlah komentar di blog ini adalah postingan untuk menanggapi request dari Mas Febriosw yang di request di kotak komentar pada postingan sebelumnya. Cara menampilkan jumlah komentar di masing² komentator bukan menggunakan plugin tapi kita harus mengedit sendiri file di comment.php dan functions.php.

Kegunaan menampilkan jumlah komentator sebenarnya tidak ada sih, tapi ini berguna bagi aku. Kalau masih one comments trus ngejunk ya dibiarin aja maklum masih baru. Tapi kalau sudah >20 komentar tapi ngejunk, ya mohon maaf komentar dihapus :malu2

Berikut tutorial lengkapnya yang dicopas dari Blognya Mas Jhezer. Maklum aku sendiri juga belajarnya dari sana :malu2

Copy kode berikut ini, dan paste di file function,php yang berada di dashboard –> appearance –> editor. Ini dia kodenya :

function commentCountAuthor(){

$oneText = 'One comment';

$moreText = '% comments';

global $wpdb;

$result = $wpdb->get_var('

SELECT

COUNT(comment_ID)

FROM

'.$wpdb->comments.'

WHERE

comment_author_email = "'.get_comment_author_email().'"'

);

if($result == 1):

echo str_replace('%', $result, $oneText);

elseif($result > 1):

echo str_replace('%', $result, $moreText);

endif;

}

Selesai melakukan copy paste kode diatas, yang perlu kita lakukan adalah memanggil fungsi tsb agar bisa menampilkan jumlah komentar di tiap komentator. Cara pemanggilan fungsi diatas dengan cara menambahkan kode <?php commentCountAuthor()?> setelah kode <?php comment_author_link() ?> di file comments.php. Tapi hal ini juga tergantung dari themes yang dipakai oleh masing² narablog. Themes yang saya pakai ini di file comments.php tidak ada kode <?php comment_author_link() ?> tapi setelah di search ternyata adanya di functions.php. Mudahnya tinggal cari comment author link aja menggunakan fitur search (CTRL+F) di comments.php atau functions.php. Kalau ketemu, tinggal panggil saja fungsinya. 😀

Contohnya di blog ini :

<?php comment_author_link() ?> ( <?php commentCountAuthor()?>)

maka nanti hasilnya adalah Nama Komentator ( Jumlah Komentator ). Terserah mau dibuat bagaimana. Semoga bermanfaat dan gak bingung ya. Kalau ada pertanyaan atau bantuan tinggalkan di kotak komentar. go GO Blog!

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of