Trackback Spam Bot

Beberapa minggu terakhir ini, ada beberapa narablog yang mengeluhkan kalau blognya diserang oleh ratusan trackback spam. Trackback menurut Wikidpedia merupakan mekanisme pemberitahuan kepada pemilik weblog bahwa ada yang memiliki tema postingan yang sama dan menginginkan pemilik web menautkan postingan yang sama tersebut. Jadi sebenarnya trackback bisa disimpulkan sebagai tukeran link postingan secara otomatis.

Lalu apa itu Trackback Spam?  Trackback Spam mungkin bisa diartikan sebagai serangan dari spammer yang berbentuk link trackback tapi setelah dicek, ternyata itu dead link atau tidak ada postingan/link blog kita yang di trackback tsb. Jadi si spammer hanya nyepam link gitulah di blog kita.

Blog ini sendiri minggu lalu juga sempat dihajar 40 trackback spam dalam waktu 1 jam.. Edian tenan.. Growmap Anti Spambot tak bisa menghadang serangan trackback spam karena memang dibuat untuk mencegah koment spam dan bukan untuk trackback spam. Setelah berguru dengan mbah google, akhirnya aku menemukan sebuah plugin yang ampuh namanya Simple Trackback Validation.

Simple Trackback Validation setelah saya pasang, hasilnya sangat ampuh dan joss. Tak ada trackback lagi yang masuk lagi hingga saat ini. Jadi sekarang nambah lagi satpam di blog ini 😀 Sebenarnya mau capcai, tapi keliatannya malah ntr susah banget kalau mau komentar hehehe…

Nah bagi teman² yang mengalami nasib yang sama, mungkin bisa juga menggunakan plugin ini. Semoga bermanfaat. Go go blog!

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of