Tips Merawat Jok Mobil Berbagai Jenis

Jok mobil merupakan salah satu bagian terpenting dalam interior mobil. Kenyamanan dalam berkendara sangat dipengaruhi oleh seberapa nyaman jok mobil yang terpasang di dalamnya. Semahal apapun harga sebuah mobil, apabila jok mobilnya jarang dirawat, maka perjalanan yang dilakukan tentu juga akan terasa kurang nyaman.

Meski merawat jok mobil merupakan hal yang sangat penting, namun masih banyak orang yang belum memperhatikan atau bahkan tidak tahu cara merawat jok mobil agar tetap bersih dan nyaman. Umumnya, para distributor pelapis jok mobil menggunakan berbagai jenis bahan untuk melapisi jok. Ada yang menggunakan bahan kulit asli, beludru, hingga kulit sintetis. Setiap bahan memiliki cara perawatan yang berbeda-beda. Berikut cara merawat berbagai jenis jok mobil tersebut:

  1. Jok Kulit Asli

Ada banyak distributor pelapis jok mobil yang menjual pelapis jok dengan bahan kulit asli. Bahan kulit asli banyak diminati karena biasanya cenderung lebih kuat dan tahan lama. Namun, perawatannya pun tidak bisa sembarangan. Berikut cara perawatannya:

  • Apabila jok mobil terkena noda, segera bersihkan. Noda yang dibiarkan menempel terlalu lama pada bahan kulit akan sulit dibersihkan.
  • Bahan kulit memerlukan perawatan yang ekstra bila dibandingkan bahan lainya. Disarankan untuk melakukan perawatan secara rutin minimal dua bulan sekali.
  • Jangan lupa untuk menjaga kelembapannya. Sebaiknya gunakan pelembab khusus kulit secara rutin setiap tiga atau empat bulan sekali. Cara ini dapat membuat bahan kulit pelapis jok tidak rusak akibat kering.
  • Gunakan juga sun visor dan hindari terserang terik sinar matahari terlalu lama karena dapat merusak bahan kulit.tips-merawat-jok-mobil
  1. Jok Semi Kulit (Synthetic Leather)

Salah satu bahan yang juga umum dijual oleh distributor pelapis jok mobil adalah bahan kulit sintetis. Harga pelapis jok mobil yang menggunakan kulit sintetis jauh lebih murah bila dibandingkan dengan kulit asli. Meskipun lebih murah, namun tampilannya terlihat hampir mirip persis. Cara perawatannya adlaah sebagai berikut:

  • Sebaiknya saat memakirkan mobil, carilah lokasi yang teduh atau tidak terlalu panas. Hal ini dikarenakan kekuatan kulit sintetis tidak sekuat kulit asli. Apabila terkena sinar matahari langsung terlalu lama dapat membuat kulit kering bahkan retak.
  • Disarankan untuk memberi obat pembersih jok mobil paling tidak dua kali sebulan. Hal ini berguna agar kulit sintetis tetap lembab dan tidak rusak.tips-merawat-jok-mobil-1
  1. Jok Beludru

Tak banyak distributor pelapis jok mobil yang menjual pelapis jok mobil berbahan beludru. Bahan beludru dinilai lebih rentan dan perlu perhatian lebih. Hal ini dikarenakan bahan beluduru mudah rusak. Adapun cara perawatannya sebagai berikut:

  • Untuk membersihkan bahan beludru, gunakan vacuum cleaner untuk menyedot kotoran yang ada pada sela sela permukaan jok mobil. Lalu semprot dengan cairan pembersih pada permukaan jok mobil. Sikat perlahan dan searah agar kotoran tidak kembali ke arah yang sudah dibersihkan. Ingat jangan terlalu kasar karena bahan beludru mudah sekali rusak.
  • Setelah dibersihkan, segera lap dan jemur hingga kering. Sebaiknya tidak menjemur dibawah sinar matahari secara langsung. Agar bahan tidak mudah rusak.

Nah itu dia beberapa tips merawat jok mobil agar tetap baik dan tidak rusak. Meskipun kebanyakan orang jarang memperhatikan kebersihan jok mobil. Namun jok yang bersih tentu memberikan kenyamanan lebih bila dibandingkan jok yang kotor dan tak terawat. Semoga bermanfaat!tips-merawat-jok-mobil-2

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of