Tips Menghosting Subdomain di Hosting Lain

Tips Menghosting subdomain di hosting lain

Beberapa waktu lalu aku membuat postingan mengenai blog baruku yang bernama Teng Teng Crit. Dalam postingan tersebut, mas Cahya menanyakan bagaimana cara menyetting subdomain agar bisa ditempatkan di hosting yang berbeda dengan domain utama. Nah di postingan kali ini aku mau memberikan Tips Menghosting Subdomain di Hosting Lain. Aku juga belum tahu bagaimana tips menghosting subdomain di hosting lain, tapi karena berkat bantuan mas Aldy Putra akhirnya bisa juga.

Berikut langkah-langkah dan tips menghosting subdomain di hosting lain :

  • Buatlah subdomain baru di cPanel hosting dari domain utama Tomipurba.net (disebut hosting IIX). Nah kemaren aku buat domain Cerita.Tomipurba.Net di cpanel hosting IIX.
  • Lalu login ke akun cPanel hosting dimana subdomain akan ditempatkan (aku sebut hosting Netherland), Nah kemudian klik Addon Domain untuk menambahkan domain baru di hosting Netherland. Domain yang akan diaddon adalah domain cerita.tomipurba.net.
Menu Addon
  • Setelah berhasil addon, kita kembali ke Hosting IIX. Klik menu “Advanced DNS Zone Editor”. Pada “Add a Record” masukkan nama subdomain tadi yaitu cerita.tomipurba.net dan www.cerita.tomipurba.net. TTL (isi: 14400), Type (isi: A) dan IP address hosting (isi dengan IP Address dari hosting Netherland) untuk subdomain kemudian klik tombol “Add Record” Jelasnya lihat gambar berikut :

Add Record Domain

  • Selesai.. Sekarang subdomain cerita.tomipurba.net sudah bisa diakses menggunakan hosting Netherland. Sedangkan domain utama TomiPurba.net menggunakan hosting IIX.

Semoga bisa menjawab pertanyaan dari mas Cahya dan bermanfaat buat teman-teman yang ingin menghosting subdomainnya ke hosting yang berbeda.

Go Go Blog!!

 

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of