Tablet Android atau IPad?

Memilih antara tablet Android dan IPad (IPad Mini dan IPad) akan tergantung preferensi calon pembeli. Ada beberapa aspek penting dalam memilih tablet adalah ukuran tablet, ketahanan baterai, kemampuan akses jaringan, sistem operasi, aplikasi, dan harga. Dari seluruh aspek yang ada sistem operasi merupakan aspek yang penting karena mempengaruhi aspek yang lain misalnya harga dan aplikasi. Bagi pengguna di Indonesia ada syarat utama dari tablet, yaitu kemampuan untuk mengakses jaringan 3G atau seluler baik untuk Android maupun iOS.

Ipad atau iPad Mini

Ukuran dan ketahanan baterai tablet adalah aspek penting dalam memilih tablet. Tidak sulit dalam menentukan ukuran tablet karena hanya ada dua ukuran tablet yang beredar dipasaran saat ini, yaitu 8 dan 10 inci. IPad Mini dengan ukuran 8 inci merupakan penyesuaian Apple dari IPad (10 inci) terdahulu. Apple melakukan ini karena larisnya tablet Android di ukuran ini yang menyasar konsumen yang menyukai unit tablet yang ringkas, mudah dibawa dan dipegang. Selain ukuran yang sesuai, ketahanan baterai menjamin keleluasaan beraktifitas dengan tablet.

Sistem operasi Android dan IOs memang berbeda. Android yang mengusung open source untuk aplikasinya mengutamakan kebebasan pengalaman berselancar dan beraktifitas dengan tablet. Kemampuan untuk menjalankan dan mengunduh media dalam bentuk film, musik, dalam bentuk file apapun menjadi keunggulan Android disbanding iOS yang hanya mengandalkan iTunes. Selain itu bagi para pengguna program Office akan leluasa dengan Polaris Office terbenam langsung dalam setiap gadget Android, sementara untuk pengguna iOS harus merogoh kocek terlebih dahulu untuk menikmati aplikasi yang sama. Hampir semua aplikasi di tablet Android tersedia secara cuma-cuma, sementara di iOS hanya sedikit sekali hadir secara cuma-cuma. Permasalahan bukan hanya pada harga aplikasi tetapi juga keterbatasan konsumen Indonesia dalam alat pembayaran untuk aplikasi iOS yaitu kartu kredit. Walaupun harus diakui karena aplikasi iOS hanya untuk produk Apple, aplikasi di iOS memiliki interface yang menakjubkan.

Aspek terakhir yaitu harga, memang terkadang menjadi penentu akhir dalam memilih sebuah produk. Harga Apple IPad dan IPad Mini memang sedikit lebih mahal daripada rata-rata produk Android. Hal ini karena desain yang menawan, interface yang menakjubkan dan layanan purna jual yang terjamin secara nasional maupun internasional. Saat ini tablet Android keluaran Samsung (Samsung Galaxy Tab dan Note) HTC (HTC Flyer) dan Sony (Tablet Z) mulai menggerus pasar IPad sang perintis tablet. Kemampuan semua tablet yang saya sebutkan tadi kurang lebih sama, tinggal harga dan sistem operasi yang membedakan. Lakukan survey harga secare online dari beberapa toko sebelum anda membeli baik secara online maupun langsung ketoko.

 

25
Leave a Reply

Please Login to comment
13 Comment threads
12 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
14 Comment authors
Vickyjilbab murahTONGKONANKUtomiservice laptop Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
yadiebarus
Guest

untuk prestise memang ipad lebih menjanjikan pal, namun bila kita punya modal pas-pasan, sepertinya lebih pantas dan cocok untuk pegang android aja, karena selain aplikasi yang berjibun, dan juga yang terpenting adalah gratisannya..

Ndop
Guest

Aku nganggo iOS puas banget. Memang sih terbatas tapi aplikasinya dengan nama game yg sama, real racing 3 misalnya, di iOS grafisnya jauuuuh lebih detail beribu ribu kali. Ukuran filenya pun drastis perbedaannya. Di android cuma 40 mb, di iOS 700 mb!!!

Aryo Seno
Guest

kalo saya milih Android, soalnya IOS belum nyampe ke kantong saya hehehehe

Kliknansgan
Guest

hmm… kalo saya android ataupu iOS belum pernah punya…hehe… jadi cuma sekedar tau dari hasil baca2 aja… katanya iOS begini dan katanya kalo Android begitu…. semoga aja deh bisa kebeli bulan ini salah satunya… :I-Wish: :iPad:

Pilih iOS, Android, apa Ooooreeeooo… 😀

Cahya
Guest

Dibandingkan iPad mini, saya lebih memilih Samsung Note 8 🙂 – kemarin baru beli, tapi masih disegel.

wpdecoration
Guest

kalo saya pribadi disuruh pilih masih bingung mesti pilih yang mana,, karena buta mengenai teknologi tablet. hehehe.. 😀

OkeFilm.com
Guest

Gak duwe duit mas

Citra Garment
Guest

ehm , kalau menurut saya , tergantung sih.? si pemakai sreknya pakai IPAD atau Android, soalnya keduanya sma sama unggul di bidang teknologi 😀

gadgetboi
Guest

tidak dipungkiri lah kalau produk apple itu dari segi hardware dan software perkasa! sangat resposif sekali jika dibandingkan android. tapi itu harga dan spek jauh lebih baik perangkat android yang biasanya menggunakan spek hardware yang jauh lebih baru dan tinggi. Ditambah lagi gampang dan (lebih) diperbolehkan untuk mengotak ngatik “daleman” android menjadi poin plus. dan bagi saya Tidak semua ekstensi codec audio/video di support apple, sehingga pilihan jatuh ke Android meski saya suka sekali dengan software apple yang sangat responsif dan “menyatu” dengan hardware-nya :Delicious:

service laptop
Guest

heheh.. ane lebih milih tablet aja gan lebih murah soalnya

TONGKONANKU
Guest

Kalau disuruh milih antara iPad dan tablet android (spesifikasi sama) maka saya akan pilih tablet android. 🙂

jilbab murah
Guest

milih android aja dech..lebih user friendly

Vicky
Guest

harga iOS tinggi..
harga android lebih terjangkau..
apalagi merk darinegeri tirai bambu..
duit 2 juta bisa dapat quadcore :Approve: