[Review] Bhirawa on JOB

Dalam rangka memeriahkan Jambore On the Blog (JOB) yang diadakan oleh Pakdhe Cholik, aku pun ingin ikutan… Boleh ya pakdhe?? hehe.. Sekalian belajar mereview trus sapa tau besok malah bisa ikutan Paid Review dan bisa tambah uang saku heheh…

Daripada malah kebanyakan nglantur,, aku mulai aja lah reviewnya. Pembuatan review dilakukan dengan semedi berjam² di dalam kamar loh hehe.. (sambil tidur soalnya hehe..). Sesuai dengan kriteria review yang diberikan Pakdhe, aku pun coba menguraikan satu² hehe..

Tampilan

Dari penggunaan themes, blog Bhirawa menggunakan themes Simple Chrome yang menurut saya ringan, clean, terang dan lebih cerah jika dibandingkan dengan themes sebelumnya yang menggunakan Pressplay 2.0. Tampilan 2 kolom membantu mempercepat loading blog.

Karena cuma menggunakan 2 kolom, widget yang digunakan di blog bhirawa pun cuma sedikit. Hanya ada widget top koment, spam blocked, recent post, RSS feed, polling dan beberapa statistik info. Saran saya supaya widget meta dan blogroll dihilangkan saja pakdhe, toh kan blogroll nya dah dikasih di halaman tersendiri. Biar tidak terlalu memberati blog

Kinerja Bhirawa

Bhirawa saya test dengan speed test ternyata hasilnya cukup memuaskan. Dengan ukuran sekitar 59.03 Kb, bisa di load hanya dalam waktu 2.96 detik.. Blog ini kalah 1 detik karena membutuhkan waktu load 3.82 detik hehe… Nih screenshoot hasil tes.

Speed test

Blog Bhirawa hanya kalah dari Blogcamp yang hanya membutuhkan waktu load 1.04 detik. Dari segi loading speed, bhirawa dah mantabb dah he.. Mungkin sedikit saran, agar diberikan tampilan mobile di bhirawa. Hal ini disebabkan bila ada blogger yang blogwalking menggunakan HP, bisa jadi pulsanya cepat terkuras. Saya coba pake opera mini, bhirawa membutuhkan 47 kb sekali load.

Bhirawa

Saya dan beberapa teman blogger lainnya yang mungkin mengandalkan HP untuk ngeblog, mungkin lebih senang kalo bhirawa diberikan plugin atau themes mobile sehingga akan memperkecil besarnya Kb dan mengurangi jumlah biaya pulsa hehe..

Berkomentar di bhirawa juga cepat prosesnya, setelah kita tekan tombol submit comment maka gak sampe 5 detik komentar kita dah muncul di postingan. Untuk mencari artikel, kita juga bisa langsung masuk ke menu sitemap / achieves. Mungkin ke depannya di homepage bhirawa diberikan menu search. Agar pengunjung bisa mencari sesuatu yang sesuai keinginannya hehe..

Dari segi SEO, Bhirawa dah mantep keliatannya. Hal ini dibuktikan hanya dalam waktu 2 bulan (bhirawa pertama posting tgl 7 Jan) Alexa nya dah 188 ribuan. Blog ini yang udah berumur 4 bulan masih 300an hehe..

Isi/ Artikel

Gak bisa berkata² deh kalau masalah isi dan artikel. Isinya menarik dan semuanya berguna buat semua blogger baik newbie dan maha blogger hehe.. Jumlah postingannya pun banyak sekali. Bhirawa emang rajin banget di update. Mungkin artikel yang belum / jarang dijumpai adalah cara mencari dollar hehe..

Artikel terkadang juga memberikan tali asih kepada pengunjung yang beruntung. Jadi dari segi artikel top lah hehe..

O ya pakdhe, di halaman My Blogs ada broken link. yaitu di link J’Blog. Linknya kurang akhiran domain .org pakdhe sehingga tidak bisa dibuka link J’Blog hehe.. Semoga bisa langsung diperbaiki supaya kita semua gak bingung apa nama domainnya hehe..

Sekian dulu lah laporan yang saya berikan langsung dari Jogja tepatnya kamar saya hehe… Go Go Bhirawa!!

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of