Plis Deh! Jangan Merusak Bisnis Online Shop di Indonesia

Plis Deh! Jangan Merusak Bisnis Online Shop di Indonesia

Yah, rasanya saya dan banyak komunitas online marketing merasa berkepentingan soal masa depan bisnis online shopping di Indonesia. Kami yakin, seiring semakin murah dan mudahnya akses internet maka jual beli online bisa menjadi salah satu peluang usaha yang akan terus berkembang.

Saat ini toko online menjadi alternatif yang murah meriah untuk mencari sumber pendapatan bagi banyak pebisnis pemula karena sewa server hosting dan harga domain name yang terjangkau. Jika dibandingkan biaya sewa lapak offline di tempat strategis yang berharga jutaan rupiah maka biaya membuat toko online amat sangat murah sekali. Seorang pebisnis online hanya memerlukan dana (katakanlah) Rp. 100.000,- untuk sebuah domain name dan server hosting minimalis. Tentu saja seiring peningkatan omset usaha maka fasilitas hosting bisa ditambah yang membutuhkan dana lebih besar lagi.

Kepercayaan konsumen terhadap bisnis online juga mulai tumbuh. Jual beli online menjadi hal yang biasa dilakukan oleh pengguna internet terutama di kota besar. Tingkat apresiasi terus meningkat.

Tetapi, seperti di bidang apapun, selalu saja ada oknum dan pihak tidak bertanggung jawab yang mengambil kesempatan busuk. Mereka ingin meraih rejeki cepat tanpa memikirkan dampaknya dengan melakukan tindak pidana kriminal penipuan bermodalkan online shop yang bisa diakses oleh konsumen umum. Aksi tipu itu sungguh merugikan nama baik dan mengganggu kenyamanan pebisnis online yang benar-benar ingin berbisnis secara jujur dan bertanggung jawab.

Mengutip dari detik.com, banyak toko online abal-abal yang melakukan penipuan konsumen. Lihat link berikut ini :

http://inet.detik.com/read/2013/04/18/142515/2223902/323/catat-ini-daftar-toko-online-abal-abal?i991101mainnews

Saya pribadi merasa sedih atas kenyataan tersebut. Bisnis internet yang berlahan tapi pasti sedang tumbuh harus terganggu oleh para penipu dunia maya. Sungguh, saya tidak ingin nanti akan kejadian seperti sebuah peribahasa :

Akibat nila setitik, rusak susu sebelanga.

Akibat ulah sejumlah oknum penipu maka semua online shop terkena dampak negatifnya. Konsumen akan lari dari transaksi jual beli online. Ohhh …

Siapapun anda, jika membaca postingan galau ini, saya hanya berharap :

Plis Deh! Jangan Merusak Bisnis Online Shop di Indonesia

Marilah kita bersama-sama membangun bisnis online yang sehat agar rejeki kita menjadi halal dan bisa membawa manfaat kebaikan untuk kita pribadi apalagi keluarga tercinta yang ikut menikmatinya. Bagaimana? Setuju?

26
Leave a Reply

Please Login to comment
23 Comment threads
3 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
25 Comment authors
Citra Garmentadityafandana21Kliknanskelly Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
TONGKONANKU
Guest

Kalau menurut saya, yang paling penting kita lakukan adalah mengedukasi masyarakat tentang bahaya penipuan online dan cara menghindarinya. Karena kejahatan itu akan selalu ada.

Cahya
Guest

Saya setuju sekali, sebenarnya tidaknya toko daring, tapi yang luring pun berpotensi menjadi ranah tipu menipu, ranah bisnis yang tidak sehat. Yang paling penting adalah mendidik masyarakat. Kalau masyarakat masih bisa tertipu toko daring, sms berhadiah, dan lain-lainnya, ya itu menurut saya karena orangnya sendiri – maaf – terlalu bodoh untuk bisa ditipu.

Buatlah diri kita cerdas agar tidak mudah dikelabui. Kalau orang tidak mau belajar dan menjadi peka, ya bukan salah siapa-siapa jika akhirnya dia tergilas.

Ajeng
Guest

Tapi menurut saya mas, masyarakat sekarang sudah pintar kok memilih mana toko online yang terpercaya dan yang abal2, kecuali pembeli yang biasanya dari kalangan ABG dan masih awam internet 🙂

Mas Andank
Guest

gini loh mas :Happy-Grin: kalo orang kota-kota gede itu tidak terlalu banyak yang ketipu karena orangnya banyak yang melek IT. tapi kalo orang desa yang baru kenal Internet itu yang patut diedukasikan sebenarnya menurut saya. Jadi? jadi ya semuanya aja sih diedukasikan dari yang kota sampe kedesa kalo bisa haha. soalnya pemerintah jarang bikin acara edukasi seperti ini di daerah saya. entah kalo dijawa ya, mungkin banyak sih sosialiasi Internet.

ndop
Guest

kalo toko vector saya, kalo saya berhalangan, duitnya saya transfer lagi kok.. 😀

Pondokgue
Guest

aku juga pernah ketipu di toko bagus..
jadi ngeri sekarang mau belanja Online kang..
masih trauma..
kalo offline masih ada, mending pilih yang ada dulu.. hehe

mas-tony
Guest

Saya sendiri yang baru punya toko online jadi kecewa dengan banyaknya penipuan untuk jual beli di online ini. Padahal ini banyak membantu buat kita kita yang sedang cari tambahan rejeki via online.

Citro Mduro
Guest

Dari segala aspek kegiatan sepertinya memang selalu ada yang mengambil jalur cepat
konsumen harus lebih hati-hati dalam melakukan transaksi
sementara pelaku online marketing harus berusaha yang terbaik untuk konsumen dengan terus menanamkan brand yang baik

hybrid car
Guest

kelihatannya masalah ini tetap akan ada. cuma tinggal kita saja pelaku bisnis online membangun kepercayaan pelanggan, mulai dengan memperhatikan hal-hal yang kecil.

Max Manroe
Guest

Selama bertransakasi online, belum pernah saya mengalami tertipu karena sebelum membeli biasanya saya pelajari dulu reputasi si penjualnya. Dimulai dari kita juga sih mas, dan menurut saya pemerintah perlu juga untuk memberikan edukasi kepada pengguna internet agar berhati-hati dalam bertransaksi secara online

Sajakrerindu
Guest

Beberapa waktu yang lalu saya berniat untuk menjalankan bisnis online dengan teman saya yaitu membuat obline shop, rencananya sih mau menjual produk2 teman saya tersebut. Tapi karena belum berpengalaman dan mengingat bahwa tidak mudah melayani customer dari dunia internet yang notabene sangat beragam dari seluruh nusantara, bahkan mungkin dunia akhirnya kami mengurungkan niat tersebut.
Sambil belajar sana sini, mungkin suatu saat rencana tersebut akan kami realisasikan. Masalah tertipu sebagai buyer, kita memang wajib menganalisis dulu seluk beluk penjual, barang, alamat, kontak dll. Harus jadi Smart Buyer dan bisa pilah-pilah mana yang toko online yang baik ^^

papapz
Guest

yups bener sekali mas.. kadang harus hati-hati juga sih kalau mau jual beli online baik yang jual atau yang beli kadang ada aja oknumnya 😀

benwicak
Guest

harus dipilah dan dipilih, enak itu nyari di kaskus, yang recommended seller hehe

MdarulM
Guest

Penipuan sekarang semakin canggih ……

Jefry
Guest

penipuan yang berkedok toko online bisa sangat merugikan perkembangan dunia online di negeri ini dan semoga semua pengguna internet bisa dengan bijak memanfaatkan internet dan jangan sampai dibuat untuk hal2 negatif

ibnu ch
Guest

iya bener mas tom, banyak sekali kasus penipuan yang marak,
temenku dua orang juga ketipu saat bel barang via online…

mang mlebet
Guest

ya gan., membosankan untuk penjul penipu tersebut., menjadi kepercayaan berkurang..

eli
Guest

IYA TUH BERENGSEK JUGA ORANG ORANG KAYA GITU….
akhirnya yang benar benar mau bisnis ikut gak di percaya…

IP Camera
Guest

pembeli juga saya rasa lebih cermat membeli secara online
toh kalau rezeki kan gx kemana dan orang yang sudah menipu dapat balasan yang setimpal

semangat gan

salam kenal ya

kelly
Guest

seharusnya ada label tertera verified gitu bang tomi

Kliknans
Guest

SEtuju banget saya Mas….
gara2 perbuatan mereka, banyak orang2 yang jadi ragu buat belanja onlen… harus di brantazzz… :Disapproval:

fandana21
Guest

saya sendiri juga menekuni bisnis online yang saya sambi dgn pekerjaan utama saya, itung2 buat sekedar uang jajan mas, jadi uang dari hasil kerja utama bisa utuh….

aditya
Guest

ya mas… sungguh memprihatinkan…
namun inilah resiko… oknum-oknum terssebut adalah “saingan” serta menjadi ancaman buat kita pebisnis online jujur 😐
susah mencari kepercayaan masyarakat dunia maya…. sekali sudah dapat jangan sampai hancur…

Citra Garment
Guest

oalah.? iya mudah mudaha yang curang dalam bisnis online itu cuman 1:1000000 . soalnya aku sering bgt, bisnis via OL 🙁