PGN Anti Korupsi – PGN Berkomitmen Untuk Menambah Pelanggan Dari Kalangan Rumah Tangga

Hendi Prio Santoso

PGN Anti Korupsi – Perusahaan Gas Negara atau PGN merupakan satu-satunya badan usaha milik pemerintah yang menyalurkan gas bumi untuk keperluan rumah tangga, industri, usaha kecil mikro dan menengah (UMKM), rumah sakit, hingga sektor komersil maupun untuk moda transportasi. Sayangnya sebagian besar masyarakat masih belum beralih untuk menggunakan gas bumi untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga mereka.

Kebanyakan dari masyarakat masih mengandalkan gas LPG untuk keperluan rumah tangga maka dari itu Hendi Prio Santoso selaku Direktur Utama PGN menjabarkan mengenai komitmen perusahaan untuk masa mendatang. Dalam pernyataannya belum lama ini Hendi Prio Santoso mengatakan bila rumah tangga merupakan pelanggan terbesar PGN oleh karena itu PGN akan berusaha keras untuk menambah pelanggan gas dari pelanggan rumah tangga.

Guna merealisasikannya dari PGN sendiri disebut oleh Hendi Prio Santoso sudah melakukan beberapa upaya yang pertama dengan mengembangkan jaringan gas untuk keperluan rumah tangga secara mandiri. Jadi semua hal yang berkaitan dengan modal dan investasi sebagian berasal dari dana PGN.

Menurut data yang dirilis oleh PGN, total sudah terdapat 100 ribu sambungan gas untuk rumag tangga di beberapa wilayah yang sudah tercover seperti di Kepulauan Riau, Sumut, Sumsel, DKI Jakarta, Jabar, Banten, Jateng dan Jatim. Untuk rencana jangka panjang nantinya PGN akan fokus untuk melakukan perluasan pelanggan baru di wilayah eksisting ataupun di wilayah baru yang belum terjangkau oleh jaringan.

Selain menggunakan pipa-pipa PGN untuk menyalurkan gas bumi, PGN juga berencana untuk melakukan pioneering berupa bentuk clustering CNG. Hal ini sudah dilakukan di wilayah Semarang di mana gas untuk pelanggan rumah tangga di Tambak Aji, Semarang, berupa CNG dan diangkut dengan truk dari Jatim.

Lalu untuk cara yang kedua yaitu dengan melakukan sinergi dengan Kementerian ESDM. Dirut PGN juga menambahkan bila PGN telah mengantongi penugasan untuk mengelola sekaligus mengoperasikan jaringan gas bumi dari Kementerian ESDM untuk kebutuhan 43.334 pelanggan rumah tangga setidaknya di 11 kota/kabupaten. Sudirman Said yang menjabat sebagai Menteri ESDM telah menyerahkan penugasan tersebut secara resmi pada 19 Agustus 2015 kemarin kepada PGN.

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of