Peran Media Sosial Untuk Sebuah Blog/ Website

Media sosial seperti Facebook, Twitter, Google plus, sudah sangat banyak digunakan dikalangan blogger dan pebisnis online. Tapi tidak semua blogger mau memanfaatkan situs media sosial tersebut untuk blog mereka karena alasan tertentu, mungkin saja karna tidak kepikiran, tidak suka, dan alasan lainnya.

Menurut saya, blogging hampir sama dengan media sosial. Kita menulis artikel yang ada dalam benak kita, menyampaikan ide, memberikan pendapat, berbagi pengalaman, dan lain-lain. Banyak hal yang bisa dibagikan pada orang lain melalui kegiatan blogging tersebut. Selain itu, banyak blogger saling terhubung satu sama lain di internet karena hobby yang sama.

Sama halnya dengan kegiatan di media sosial. Media sosial bukan hanya sebagai fasilita agar terkoneksi dengan keluarga dan teman di dunia online, kita juga sering memanfaatkan media sosial sebagai tempat berbagi informasi, menyampaikan pendapat, berbagi pengalaman, dan lain-lain.

Lalu apa peran media sosial untuk sebuah blog?

1. Membuat blog lebih dikenal orang

Blogger yang ingin membuat blognya lebih dikenal orang bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan Twitter untuk promosi blog. Kebanyakan orang sekarang sudah punya akun Facebook dan Twitter, promosi di media sosial akan memberikan trafik dan akan membuat blog menjadi lebih terkenal.

2. Membantu SEO sebuah blog

Links dari situs media sosial selalu menjadi perhitungan bagi mesin pencari. Semakin banyak orang yang membagikan konten sebuah blog di media sosial, maka mesin pencari (terutama Google) akan menganggap bahwa website yang dishare ke media sosial adalah website yang disukai banyak orang. Jadi, blogger akan mendapatkan dua manfaat membagikan konten blog ke media sosial, yaitu trafik langsung dan juga SEO (search engine optimization).

Artikel terkait: Cara menambah followers

3. Menjangkau fans dan followers

Kalau kita perhatikan, sekarang ini banyak blog atau website yang membuat facebook fans page dan juga akun twitterΒ untuk blog mereka. Ini bukan buat gaya-gayaan lho, tapi memang ada tujuannya. Tujuannya adalah untuk menggiring fans dan followers di media sosial agar kembali berkunjung ke blog/ website tersebut.

Kita bisa mengintegrasikan blog/ website dengan situs-situs media sosial. Jadi, ketika kita memposting sebuah konten di website, maka otomatis link postingan tersebut akan di sebarkan ke situs media sosial, misalnya Twitter dan Facebook. Tentunya teman-teman di media sosial akan melihat informasi link tersebut, mereka yang tertarik akan mengunjungi link tersebut dan memberikan trafik ke blog/ website kita.

Sebenarnya, tidak masalah kalau kita tidak menggunakan media sosial pada blog kita. Namun, seorang blogger tentunya ingin kontennya dibaca banyak orang, dan media sosial adalah salah satu cara mendapatkan trafik yang sangat efektif.Β Demikianlah penjelasan singkat tentang peran media sosial untuk sebuah blog/ website.

24
Leave a Reply

Please Login to comment
12 Comment threads
12 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
13 Comment authors
ade sunandarAmrijualjerseybolamurahnabilaMang mlebet Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Rizkyzone.com
Guest

kalau saya menggunaan facebook sama twitter, dan beberapa sosbook lokal mas tomi

EventJogja
Guest

betul, sebetulnya media sosial sangat berperan dan penting untuk meningkatkan ketenaran πŸ˜€

MdarulM
Guest

Yoyoi…SEO lebih mantap emang kalo + SMO(Social Media Optimization)…But, bagiku sosial media sebagai sarana untuk lebih mendekatkan antara pembaca dengan pemilik Blog. Seperti no.3 πŸ™‚

Jaka
Guest

Biar blog lebih terkenal, buat saja fanspage atau profile cewek cantik, pasti banyak friend atau follower sehingga saat bagi link banyak trafik πŸ˜€

bytheway, cara buat bagian about diakhir postingan gimana tomi???

sartono
Guest

memang betul maz media sangat berpengaruh untuk ke majuan web/blog.

ndop
Guest

Aku eksis di semua sosial media kayak twitter dan facebook haha. Artis kok yaa.. Hahaha… Ngefek ke blogku gak? Ya ngefek, apalagi kalo ada postingan baru, cukup dishare di twitter atau facebook, akan datang sendiri pengunjung..

TONGKONANKU
Guest

Peran sosial media untuk blog/website memang sangat penting. Saya sudah membuktikannya. Postingan saya yg banyak mendapat like dan share di sosial media, posisinya bagus di search engine. πŸ™‚

Mang mlebet
Guest

Yap., bener mas.. Strategi pemasaran yang bagus itu sosial media hehe…

nabila
Guest

Media social memang sangat berperan penting untuk sebuah blog, khususnya agar blog kita bisa lebih dikenal..
Terima kasih gan untuk informasinya..

jualjerseybolamurah
Guest

Terima kasih infonya gan …. memang peran media social cukup emmbantu dalam meningkatkan website kita.

Boss Tomi, aku si pasaribu, mau nanya … gimana supaya kita bisa banyak yg nge like dan tweet mohon pencerahannya gan …

Terima kasih

Amri
Guest

Hehe.. saya salah satunya yang menerapkannya… πŸ˜€
Memang sangat bermanfaat… Selain SEO, SMO juga perlu… mengingat algoritma Search Engine yang selalu berubah dan tak jelas… hehee

ade sunandar
Guest

saya sendiri belum begitu maksimal memanfaatkannya, mungkin karena ketidak tahuan, makasih mas untuk sharenya setidaknya ini sangat membantu saya