Mobil Bekas Tapi Berkualitas

Mobil bekas saat ini dan jaman dulu sangatlah berbeda. Jaman dulu mobil bekas identik dengan kondisi mobil yang sudah rusak dan bahkan dianggap sebagai mobil yang tidak bisa digunakan lagi. Akan tetapi pada saat ini mobil bekas bukanlah mobil rusak dan murahan lagi, mobil bekas saat ini lebih dikenal sebagai mobil second atau tangan kedua tapi masih berkualitas dan baik. Mengapa orang-orang termasuk saya lebih menyukai mobil bekas? Kalau menurut saya pribadi sih karena harganya sudah pasti lebih murah daripada kita membeli mobil baru. Apalagi kalau kita lebih jeli dalam melihat kualitas mobil bekas yang akan kita beli, bisa-bisa kita mendapatkan mobil bekas tapi berkualitas dengan harga murah meriah.

Lalu bagaimana cara mendapatkan mobil bekas tapi berkualitas? Cara yang paling mudah di era internet ini adalah dengan mencari referensi melalui bursa mobil online. Ada banyak sekali situs-situs jual beli mobil online yang memberikan banyak referensi mengenai harga, gambar dan kualitas dari mobil bekas yang ditawarkan akan tetapi yang paling mantab bagi saya adalah situs Berniaga.com. Disana kita bisa melihat referensi mobil bekas tapi berkualitas mulai dari mobil keluarga sejuta umat yaitu Avanza hingga mobil impian saya yaitu Honda Jazz hehehe..

Di berniaga.com selain diberikan kemudahan dalam pencarian mobil bekas berdasarkan merk dan kategori, di sana kita juga bisa melihat-lihat referensi mobil berdasarkan provinsi di Indonesia. Jadi kita tidak perlu takut apabila akan ditipu oleh orang lain. Pilih aja yang terdekat dengan wilayah kota kita. Misal saya di Yogyakarta, ya pilih aja mobil bekas yang ada di daerah Jogja atau Jateng. Beberapa hal juga yang harus teman-teman pikirkan sebelum membeli mobil seperti yang dituliskan di Forum otomotif yaitu :

  1. Tujuan membeli mobil: tentukan jenis mobil yang akan dibeli berdasarkan penggunaannya. Misalkan, bila digunakan untuk menjemput anak sekolah, pilih mobil yang menawarkan ruang lega. Atau untuk keperluan transportasi kerja, pilih yang nyaman dan irit bahan bakar. Gaya hidup juga berperan menentukan jenis mobil yang akan dibeli.
  2. Tentukan fitur-fitur yang harus ada, seperti AC, aneka macam power, CD charger dll. Tulis semua dalam list. Termasuk pula fitur-fitur safety seperti rem ABS, airbag, child door lock, dll.
  3. Lakukan pengecekan pada kondisi mobil : Buka tutup mesin dan perhatikan apakah ada pipa yang bocor, belt yang aus, oli yang berceceran. Duduklah di kursi pengemudi, dan periksa apakah seluruh indikator bekerja baik, demikian pula lampu indikator. Periksa juga tanda-tanda kerusakan karena air (lihat tip cegah bencana susulan). Periksa sistem safety, mulai dari seat belt, head restrain, struktur atap, child seat anchor. Demikian pula jarak pandang dan daya pancar lampu utama. Hal itu bisa dilakukan saat test drive. Cobalah untuk mengendarai mobil pada kecepatan 60 – 80 km/jam dan rasakan apakah pergantian gigi bisa lembut, kemudi selalu lurus, ketika direm tetap stabil, dan ketika menikung juga smooth.
  4. Test Drive mobil yang akan dibeli.

Pokoknya gak usah kuatir jika ingin membeli mobil bekas tapi berkualitas, jalan-jalan aja ke Berniaga.com pasti nanti bisa dapat mobil bekas yang diinginkan asal ada duitnya juga hehehe… Selamat berburu mobil bekas yaa..

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of