Migrasi ke Server IIX

Libur lebaran udah selesai, saatnya kembali ngeblog lagi huehehehe… Ngeblog dimulai dengan postingan bahwa blog tomipurba [dot] net tadi pagi berhasil migrasi dari yang sebelumnya menggunakan server USA, mulai hari ini menggunakan server IIX :silau: Server IIX merupakan server yang berlokasikan di gedung cyber Jakarta. Dari pertama ngeblog sejak tahun 2009 selalu menggunakan server USA tapi akhirnya bisa juga merasakan hosting menggunakan server IIX.

Dari pertama ngeblog, aku memang selalu menggunakan server USA. Alasannya saat itu karena harga hosting server USA pasti lebih murah daripada server IIX dan katanya jika memilih server IIX maka nanti dalam mengupdate wordpress dll pasti akan sedikit lemot dan sering gagal. Hal ini disebabkan karena koneksi internasional rata-rata server IIX masihlah kecil. Tapi karena melihat sekarang koneksi internasional server hosting di Indonesia sudah besar kurang lebih 3 mbps maka akhirnya mulai hari ini resmi menggunakan Server IIX.

Apa sih kelebihan menggunakan server IIX ? Saya sendiri belum tau karena ini adalah pertama kalinya aku menggunakan layanan hosting dengan server IIX. Tapi dari informasi yang aku dapat saat googlewalking, kelebihan server IIX adalah :

  • Lebih cepat diakses karena letak server yang dekat. (dengan ketentuan bahwa pengakses menggunakan DNS lokal Indonesia)
  • Tidak terpengaruh oleh kondisi konektivitas internasional dari ISP Indonesia. (Kalau koneksi internasional error, maka koneksi lokal tidak akan terganggu)
Selain kelebihan server IIX diatas itu aku memutuskan menggunakan server IIX karena mayoritas pengunjung blog sederhana ini adalah Indonesia. Jadi supaya teman-teman blogger bisa lebih cepat dalam mengakses blog ini. Yahh pokoknya seneng deh akhirnya bisa menggunakan server IIX. Sekalian mencoba apakah memang mengupdate wordpress (core, plugin atau plugin) itu susah dan sering gagal jika menggunakan hosting di server IIX. Semoga saja besok lancar-lancar saja 😀
Sekian postingan gak penting yang penting bisa update blog huehehehe :malu:
Go Go Blog!

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of