≡ Menu

Merubah URL Halaman Login Blog

Postingan ini terinspirasi dari postingan mas Jhezer yang berjudul Private Login. Di postingan tersebut mas Jhezer memberikan tips mengamankan halaman login dengan cara mengubah nama file wp-login.php tapi secara manual. Jadi kita tidak akan bisa masuk ke dashboard blog apabila menggunakan standar url login WordPress yaitu www.domainanda.com/wp-login.php atau www.domainanda.com/wp-admin.

Aku dulu pernah menemukan plugin untuk mempermudah kita dalam menyembunyikan halaman login tanpa harus merubah secara manual seperti yang ditulis mas Jhezer tapi lupa apa nama pluginnya. Tadi setelah hunting dan bongkar komputer di rumah akhirnya ketemu juga Plugin Stealh Login.

Plugin Stealh Login merupakan plugin untuk membuat halaman login sesuka kita sendiri yang tujuannya sudah pasti untuk melindungi orang laen atau hacker yang akan masuk ke dalam blog kita. Jadi kita dapat merubah halaman default login yang seharusnya namadomain.com/wp-login.php menjadi namadomain.com/namasesukaanda.

Hal ini memang tidak 100% akan menjamin keamanan blog teman-teman, tapi paling tidak ini akan meminimalisir penyerangan yang dilakukan hacker. Soalnya bagaimana mungkin hacker akan melakukan penyerangan / mencoba-coba password dan username kalau mereka sendiri tidak tau alamat login blog kita?? 😀

Nahh daripada penasaran silahkan download Plugin Stealth Login di wordpress.org atau bisa search dari dashboard. Setelah instal dan mengaktifkan plugin Stealth Login, maka yang harus kita lakukan adalah mensettingnya yang ada di menu option. Sedikit bantuan untuk mensetting plugin ini adalah :

  • Enable Plugin : untuk aktif dan nonaktifkan plugin ini
  • Login Slug : mengatur alamat login yang akan digunakan. silahkan diisi sesuka teman-teman
  • Login Redirect : pilih saja WordPress Admin
  • Logout Slug : mengatur alamat logout yang akan digunakan. silahkan diisi sesuka teman-teman
  • Admin Slug :mengatur alamat admin secara kustom
  • Stealth Mode : rekomendasi saya adalah di enable biar benar-benar secure 😀
  • Klik save changes dan nanti otomatis dile .htaccess anda akan terupdate otomatis.

Mudah bukan? Sebagai percobaan silahkan teman-teman masuk ke halaman http://tomipurba.net/wp-admin/ atau http://tomipurba.net/wp-login.php. Apakah menemukan halaman login? pasti otomatis akan di redirect ke Home blog ini 😀 hal ini terjadi karena aku sudah mengganti alamat url untuk login ke blog ini :malu

Go Go Blog!

{ 0 comments… add one }

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of