Memulai Bisnis Online Bagi Pemula, Sebaiknya Hindari Beberapa Kesalahan Ini!

bisnis-online-30rvan73tioecmh1lgmw3uSemakin lama tingkat pertumbuhan penduduk semakin pesat, hal ini tak diimbangi dengan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan, hal inilah yang menyebabkan kebanyakan warga Indonesia menganggur, bahkan beberapa diantaranya terpaksa harus mencari nafkah dengan bekerja di luar negeri. Sedangkan lapangan kerja yang ada di Indonesia mayoritas dikuasai oleh asing. Apalagi tahun 2015 lalu sudah ditetapkan adanya MEA yang memungkinkan masyarakat asing lebih mudah untuk mencari kerja dalam negeri sehingga posisi masyarakat yang ada di Indonesia sendiri semakin terancam, untuk itulah tak ada salahnya bagi Anda mempertimbangkan terjun ke dunia bisnis.

Ada banyak pilihan bisnis yang dapat digeluti tanpa harus mempertimbangkan masalah modal, salah satunya adalah dengan mengandalkan internet atau yang lebih populer dikenal dengan nama usaha online. Bisnis online bagi pemula ada banyak sekali jenisnya, kamu dapat mempertimbangkan salah satunya untuk dijadikan sebagai pilihan. Hanya saja tentunya menjalankan bisnis yang satu ini tak semudah yang dibayangkan, apalagi bagi Anda yang memang masih awam dalam hal teknologi.

Faktanya bisnis yang dirasa lebih mudah dibandingkan dengan menjalankan usaha secara langsung ini tak seperti yang Anda bayangkan, justru pengelolaannya jauh lebih rumit, kamu harus memahami sarana apa saja yang akan dijadikan sebagai tempat untuk berbisnis juga bagaimana marketing yang baik dengan calon konsumen secara tak langsung, kebanyakan yang masih pemula nyatanya tak bisa bertahan lebih dari satu bulan untuk mengelolanya, nah agar Anda tak mengalami masalah serupa dalam menjalankan usaha ini sebaiknya hindari beberapa jenis kesalahan berikut ini, yaitu:

  1. Tak memiliki media sosial dengan jaringan pertemanan yang banyak, tahukah kamu pentingnya memiliki media sosial saat ini, sarana yang satu ini tak hanya digunakan untuk berkomunikasi saja, melainkan juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana bisnis, bagi kamu yang media sosial saja kurang aktif dalam menjalankannya tentunya perlu banyak pertimbangan sebelum memulai bisnis ini, mengingat keaktifan dalam dunia maya ini sangat penting untuk menggaet lebih banyak konsumen, mulailah dengan membuat semua medsos kemudian kelola jaringan pertemanan Anda.
  2. Menipu sekali maka jangan harap ada orang yang mau membeli produk Anda kembali, tentunya istilah nila setitik merusak susu sebelangah, nyatanya internet merupakan sebuah viral, dimana saat kamu membuat satu kesalahan saja maka dampaknya akan sangat besar, jadi jangan coba-coba menipu calon pembeli yang sudah kirim uang namun barang tak segera kamu berikan, bisa jadi ia memberikan komenan negatif yang berdampak pada bisnis tersebut.
  3. Tak berani dalam mengambil resiko, umumnya mereka yang sudah nyaman dengan usaha melalui media sosial karena sudah memiliki banyak pelanggan tak mau mencoba yang lebih besar namun berbayar, padahal meskipun ada resiko yang diberikan, namun juga peluang untuk usaha kamu lebih maju semakin besar, mengingat kamu mencoba memperluas jaringan usaha.
  4. Terlalu banyak menggunakan unsur editing pada pemasangan foto, kebanyakan diantara para pelaku usaha online memang menerapkan hal ini agar nampaknya barang yang mereka jual sangat bagus, namun jika terlalu berlebihan ini akan merusak citra Anda karena dikategorikan sebagai penipu.

Nah bagi Anda yang ingin dapatkan kesuksesan lawan bisnis online sebaiknya hindari beberapa kesalahan tersebut. Bisnis yang satu ini meskipun sulit pengelolaannya namun pertumbuhan sangat cepat jika kamu menggunakan teknik pemasaran yang tepat.

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of