Memanfaatkan Kesempatan dalam Kesempitan

Banjir di Jakarta adalah duka kita semua. Air yang datang menggenangi sebagian wilayah Jakarta membuat aktifitas bisnis , dan roda ekonomi terganggu. Banyak sekolah, lembaga pendidikan, sarana kesehatan maupun instansi pemerintahan yang ikut terkena dampaknya.

pengungsi akibat banjir di Jakarta
pengungsi akibat banjir di Jakarta (detikcom)

Maka, menurut saya, rasanya kurang elok ketika ada sebagian orang yang menjadikan musibah banjir sebagai bahan lelucon dan hahahihi di jejaring sosial. Saya yang menyaksikan beberapa update postingan dan share gambar di Facebook atau Twitter hanya bisa mengelus dada sembari berdoa,

‘Semoga mereka dibukakan mata hatinya agar lebih peduli dengan sesama yang sedang ditimpa musibah. Semoga Tuhan berkenan memberikan penerangan agar mereka sadar bahwa tindakannya sangat menyakitkan terutama bagi warga Jakarta yang harus menanggung kerugian harta , benda bahkan ada yang menjadi korban meninggal dalam musibah banjir.’

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendeteksi setidaknya ada 50 ribu orang yang mengungsi  (1) dalam banjir di Jakarta dan sekitarnya.

“Lonjakan pengungsi terjadi pada hari kemarin, dan dari 19 ribu yang kami rapatkan pada hari Jumat itu melonjak menjadi 43 ribu. Jadi sekarang kami asumsikan 50 ribu supaya kita lebih jelas,” kata Ketua BNPB Samsul Maarif, dalam presentasinya kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di pinggir sungai Ciliwung di Bidara Cina, Jakarta Timur, Minggu (20/1/2013).

Hal lain yang menjadi keprihatinan adalah ada beberapa orang (oknum) yang tega Memanfaatkan Kesempatan dalam Kesempitan disaat ada saudaranya sedang dilanda kesusahan. Mengutip berita dari detikcom :

Tujuh orang warga diamankan polisi karena kedapatan tengah melakukan penjarahan di Seven Eleven Penjaringan Jakarta Utara.

“Tempat kejadian perkara di Seven Eleven di Jl Pluit Raya, Jakarta Utara, kejadian pukul 13.00 WIB,” kata kata Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Suhardi Alius, Minggu (20/1/2013).

Ada orang yang menggunakan kesempatan untuk mengambil barang makanan dan minuman ringan pada saat situasi dalam keadaan banjir. (2)

Selain itu, ada upaya menghalangi evakuasi korban banjir yang dilakukan oleh segelintir masyarakat yang tidak bertanggung jawab.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pernah merasa dihalangi dalam upaya evakuasi korban banjir Jakarta. Pihak yang menghalangi adalah para pebisinis perahu angkutan korban banjir.

Pebisnis angkutan banjir, baik berupa perahu karet dan juga rakit memang banyak bermunculan di kala banjir seperti saat ini. Tarif yang ditawarkan untuk mengangkut para pengungsi tergolong tinggi, dari Rp 200 ribu hingga Rp 500 ribu. Masyarakat banyak yang mengeluhkan tingginya tarif ini. (3)

Sungguh sebuah perilaku yang tidak elok! Saya hanya bisa menghimbau kepada anda yang kebetulan membaca postingan ini, marilah kita berdoa kepada Tuhan YME agar musibah segera berlalu dan (jika ada kelebihan) membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah banjir di Jakarta serta di manapun berada.

Bagaimana menurut anda?

Referensi :

(1) http://news.detik.com/read/2013/01/20/202951/2147735/10/bnpb-50-ribu-orang-mengungsi-akibat-banjir-di-jakarta?nd771104bcj

(2) http://news.detik.com/read/2013/01/20/205320/2147743/10/duh-di-tengah-banjir-7-pria-nekat-menjarah-7-eleven-penjaringan?991101mainnews

(3) http://news.detik.com/read/2013/01/20/233648/2147793/10/evakuasi-korban-banjir-bnpb-pernah-dihalangi-angkutan-perahu-liar?nd772204btr

28
Leave a Reply

Please Login to comment
19 Comment threads
9 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
20 Comment authors
Tips Cara Diet Yang BaikaqomadinAbed Saragihzhanaz48jasa review produk Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Mas Andank
Guest

wah lebih fresh nih mas tom themes nya.

loh saya kira yang nulis ini mas tom sendiri hehe

saya setuju memanfaatkan kesempatan dalam musibah orang itu tidak baik

Bimakuru
Guest

wedyan perahu karetpun sewa om ??? eealaahhh… 😐

Blogger Gundul
Guest

Betul Om, lama-lama hati manusia tertutup dengan tumpukan uang…

Cahya
Guest

Kamus pebisnis itu berisi untung rugi, tidak berisi baik dan buruk. Saya tidak akan menyalahkan mereka yang berbisnis di kesempatan dalam kesempitan. Tapi saya tidak suka jika ada orang bicara kemanusiaan untuk menolong orang-orang di sana, kemudian membisniskannya.

dHaNy
Guest

Wah jadi sering guest blogger ya mas? punya saya malah jarang update 😀
Memang banjir jakarta ini lebih parah dari sebelumnya, tapi orang lain mungkin menganggap banjir jakarta adalah hal biasa yang pantas untuk dipermalukan..
Tapi ya namanya musibah jangan untuk ditertawaka.. semoga segera mendapatkan solusi..

ndop
Guest

nggapleki tenan nek sampe 200 ewu. Jarno wae lah, nek ra payu lak yo diturunkan harganya..

andre
Guest

ada juga lo mas yang buat promosi partai , cuma buat cari muka juga, ini juga bikin kesel kadang2.

OOT, ini theme apa ya? wah mas tom langsung ganti theme nih gara2 aku pakai yang sama :Happy-Grin:

Jual jam tangan murah
Guest

semoga banjir cepat surut, dan tidak menambah korban jiwa lagi. amin

Jual jam tangan murah

Guru Go!Blog
Guest

Itulah cara syetan menggoda manusia BODOH mas. Sing dho kuyu ngunu ki OTAKE didokok neng 81L1+, 81L1+3 didokok neng bathok. Piye coba. Jan p3x0x bin p3+hox to 😀

JANGAN DIKLIK
Guest

Ketika sebuah kondisi seperti macam ini, Alloh akan menampakkan SIAPA YANG “NORMAL/WARAS” DAN SIAPA YANG GILA mas. Itu nash (sungguhterlalundot-ndotenok)

EventJogja
Guest

selayaknya kita harus saling membantu, dari simpati supaya bisa empati

Mang mlebet
Guest

waw,. hanya memikirkan kesenangan, tidak memikirkan perasaan,. hehe,.
pray for jakarta,.
salam,.

ANIMAXS
Guest

Semua itu pasti ada balasannya.

Alid Abdul
Guest

Karakter masyarakat kita semakin hari semakin raja tega. jaman sekarang nyolong duit kas masjid saja berani. saya baca ada yg menjarah dll. duh pray for jakarta

jasa review produk
Guest

hanya bisa mendoakan dari jauh ..!!
semoga bencan aini cepat berlalu !

zhanaz48
Guest

ASGAtafiruLLahhhHH… :Shout:

CAri uank juga yank haLaL donnkkk :Conceited: , memanfaat khan keadaan dari oLank yank susahhh… :Cry:

Abed Saragih
Guest

Terlalu sekali orang yang mengambil kesempatan dikala orang sedang tertimpa musibah,seharusnya kita punya perasaan untuk membantu bukan menambah musibah.

aqomadin
Guest

tarif nya mahal bener itu 300rb, mau naik haji kyknya tuh orang, terlalu…. Di Ciledug jg begitu bang, pada bikin posko banjir ala partai nyari kesempatan dalam kebanjiran, sangat terlalu dah

Tips Cara Diet Yang Baik
Guest

semoga semuanya diluruskan kembali ke niat yang tulus amin