Madu: Produk Alam Yang Kaya Manfaat

Manfaat Madu
Manfaat Madu

Sejak dahulu Madu sudah menjadi konsumsi dan dicari banyak orang dari beberapa peradaban di dunia terutama sebagai makanan yang bermanfaat untuk kesehatan. Sejarah mencatat dalam tradisi bangsa Mesir pada tahun 300 SM, Madu murni disertakan dalam upacara adat sebagai makanan untuk binatang persembahan para dewa.

Bangsa Eropa, dipelopori oleh Profesor Bernard Descottes, Perancis, membentuk perkumpulan yang bernama Apitheraphy yang mempopulerkan penggunaan produk berbahan madu lebah alam untuk makanan kesehatan. Bangsa Arab di Timur Tengah juga sudah memanfaatkan madu sebagai minuman kesehatan sehari-hari. Dan masyarakat Cina terbiasa memberi madu lebah kepada anak sejak kecil agar menambah kekebalan tubuh.

Madu murni dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga sehingga Aroma madu bergantung pada sumber nektar yang diambil lebah.

Saat ini ketika kemajuan ilmu dan teknologi sudah berkembang pesat, khasiat dan manfaat madu semakin diakui oleh banyak orang sehingga memilih untuk mengkonsumsi madu murni untuk kesehatan tubuh. Ilmu pengetahuan modern telah mencatat bila cairan yang diproduksi oleh lebah ini mengandung hampir 600 senyawa.

Beberapa Manfaat Madu Untuk Kesehatan adalah :

1. Mencegah kanker dan Serangan Jantung
Madu mengandung flavonoid yang merupakan salah satu jenis senyawa antioksidan yang bisa membantu mengurangi risiko terkena penyakit kanker dan serangan jantung.

2. Mencegah Gangguan Pencernaan
Madu yang mengandung serat dipercaya bisa mengurangi gangguan pencernaan dan susah buang air besar.

3. Sebagai zat Anti-bakteri dan Anti Jamur
Madu bersifat antibakteri, karena lebah akan menambahkan enzim yang mengandung senyawa hidrogen peroksida yang bersifat anti bakteri dan jamur.

4. Meningkatkan Stamina Kinerja Atletik
Sejak jaman dahulu, beberapa Atlet Olimpiade akan rutin mengkonsumsi madu untuk meningkatkan kinerja mereka sehingga pada jaman modern ini madu dikembangkan menjadi produk suplemen penambah daya tahan tubuh.

5. Mengurangi Batuk
Madu dipercaya berfungsi sebagai pereda batuk. Sebuah penelitian mencatat ketika ada 110 anak yang diberi madu dengan takaran yang sama, ternyata Efeknya cukup mengejutkan karena memiliki efek yang sama seperti obat dengan kandungan dekstrometorfan dalam meredakan batuk pada malam hari sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.

6. Menyembuhkan Luka
Sejak zaman dahulu gula dikenal sebagai pengobat luka. Setelah dilakukan penelitian teryata madu memang terbukti dapat mengobati luka dan juga mengandung anti-bakteri.

7. Probiotik
Probiotik merupakan bakteri baik yang diperlukan tubuh. Beberapa jenis madu memiliki beberapa bakteri yang ramah. Seperti 6 jenis laktobasilus dan 4 spesies bifidobacteria.

8. Mempercantik Kulit
Anti-bakteri yang terdapat pada madu sangat berguna untuk kulit, dengan dicampur dengan bahan-bahan lainnya, manfaat madu dapat melembabkan dan menghilangkan sel-sel kulit mati. Jika digunakan dengan bahan lain dapat meningkatkan kecantikan kulit. Anda bisa memanfaatkan madu sebagai masker wajah.

Melihat manfaat madu seperti tersebut di atas, maka banyak orang (terutama di kota besar) yang tertarik untuk mendapatkan produk madu murni.  Apakah anda juga ingin beli madu murni?

24
Leave a Reply

Please Login to comment
14 Comment threads
10 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
15 Comment authors
JefryarifMang mlebetbenistephanus christiono Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
ndop
Guest

Semoga postingan ini penuh berkah.. *mambu duit

Abed Saragih
Guest

Itulah manfaat madu,tapi yang lebih besar khasiatnya adalah madu asli dan bukan madu palsu yang sekarang ini banyak sekalo dijual.

Tapi menurut saya madu asli madu yang asli kita lihat diambil dari sarang lebahnya 🙂

Aditya
Guest

Madu memang sangat berkhasiat. yang menakjubkan madu tidak akan pernah basi. FYI madu tidak boleh diberikan pada bayi di bawah 1 tahun, karena madu mengandung zat yang kurang cocok untuk bayi di bawah 1 tahun….

Anton
Guest

Madu yg berkhasiat tentu madu asli…dan sayangnya skrg yg beredar di pasaran bnyk yg palsu…..

Sriyono Suke
Guest

Madu Ri Dixit, madu josh dari india,
Postingane mambu duit terus ik, ajari mas nggolek orderan.. 😀

Fikri El Frana
Guest

kalau sakit minum madu, kalau sakit lagi minum madu lagi, kalau sudah parah mending ke dokter deh,,

mantep mas postingnanya makasih infonya

Zippy
Guest

Madu alami emang bagus, soalnya masih murni dan gak pake campuran.
Eh tapi postingan ini “murni” nggak ya? Hhahahahh… 😆

hybrid car
Guest

laris..laris…:-)

nek kakehan order, aku yo gelem tom…

areximut
Guest

madu oh madu begitu manis 🙂 tapi nek di madu bagaimana ya? #peace

ditempatku madu lumayan mahal iki mas,

stephanus christiono
Guest

Tapi ketoke luwih manik kwe tom daripada madune… haha… :Tounge-Out: :Tounge-Out:

beni
Guest

semoga menjadi barokah

Mang mlebet
Guest

Wah madu kaya manfaatnya ni,. Hehe,.
Tapi Kayaknya mahal ya gan hehe,.

arif
Guest

saya juga masih rutin minum madu, setidaknya tiap akhir pekan 😀

Jefry
Guest

saya biasa menggunakan madu untuk campuran jamu dan cukup rutin juga mengkonsumsinya
terima kasih atas infonya ini, sangat bermnafaat..