Jakarta kebanjiran Gara-Gara Got Mampet!!!

Jakarta kebanjiran Gara-Gara Got Mampet!!! – Judul postingan ini bukan kata-kata saya lho … judul saya ambil dari lagu nostalgia karya seniman Betawi kenamaan yaitu Benyamin Sueb. Masih tidak percaya? Nih saya tuliskan lirik aslinya agar tidak menjadi berita bohong alias hoax.

Lirik Lagu Kompor Meledug
Karya: Benyamin Sueb

Aah….! Nya’ banjir!

Jakarta kebanjiran, di Bogor angin ngamuk
Ruméh ané kebakaran garé-garé kompor mleduk
Ané jadi gemeteran, wara-wiri keserimpet
Rumah ané kebanjiran gara-gara got mampet

Aa~ti-ati kompor meledug
Aa~ti ané jadi dag-dig-dug (heh.. jatuh duduk)
Aa~yo-ayo bersihin got
Jaa~ngan takut badan blépot

Coba enéng jangan ribut, jangan padé kalang kabut

Aarrrgh!!…

Coba amati kata-kata dalam syair lagu tersebut … Bagaimana? Sudah yakin sekarang?

Yah, awal bulan Januari yang konon kata orang ‘Januari = Hujan sehari-hari’, beberapa ruas jalan dan daerah (khususnya pinggiran sungai) terendam banjir.  Air meluap sampai ke beberapa komplek perumahan dan pemukiman warga yang membuat sebagian warga Jakarta harus menyingkir dan mengungsi ke tempat yang lebih aman. Beberapa tempat dengan posisi lebih tinggi seperti sekolah, mushola, masjid, kantor kelurahan, emperan toko dan lain-lain menjadi tempat hunian sementara menghindari banjir.

Mengutip berita dari detikcom, Rabu (16/1/2013) dinihari, puluhan warga berencana tidur beralaskan kardus, tikar dan berselimutkan karung di Jalan Jatinegara Barat, Jakarta Timur. Namun mayoritas dari mereka tetap terjaga. Para pria umumnya saling memantau kondisi anggota keluarganya dibantu beberapa ibu-ibu yang juga ikut berjaga-jaga. (1)

Pintu Air Manggarai terus diamati pergerakannya. Status siaga I sudah dicanangkan, ini artinya warga dihimbau berhati-hati dan bersiap diri apabila terjadi banjir yang bisa datang sewaktu-waktu. Sejumlah warga memantau pergerakan di Pintu Air Manggarai dan berjaga-jaga jika nantinya air di Manggarai akan meluap hingga ke jalanan.

Lalu, apa hubungannya dengan judul postingan ini ya?
Ini berita yang saya kutip dari detikcom,

Sejak malam tadi, sampah-sampah yang terbawa air terus diangkut dengan alat berat. Setelah itu, truk-truk sampah membawanya ke TPA.

Informasi dari petugas kebersihan, sudah lebih 5 kali truk pengangkut itu hilir mudik membuang sampah. Sampah-sampah itu lebih banyak kayu dan batang pohong pisang. (2)

Jadi, bener kan kalau sampah yang membuat got mampet adalah salah 1 penyebab banjir di Jakarta?

So? Apa yang bisa kita perbuat untuk menghindari got mampet? Menurut saya sih, jangan membuang sampah sembarangan. Kampanye soal kebersihan dan disiplin membuang sampah pada tempatnya kok rasanya cocok untuk dijalankan ya. Jakarta adalah milik kita bersama, jadi ya sebaiknya mari kita sama-sama menjaga kebersihan di Jakarta. Bagaimana menurut anda?

Sumber Referensi :
(1) http://news.detik.com/read/2013/01/16/010036/2143257/10/dampak-banjir-di-kampung-pulo-puluhan-warga-tidur-di-emperan-toko?9911012
(2) http://news.detik.com/read/2013/01/16/020801/2143267/10/ketinggian-air-di-manggarai-terus-naik-hingga-930-cm?9911012

34
Leave a Reply

Please Login to comment
23 Comment threads
11 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
25 Comment authors
Major SandovalBelajar HikmahTasbih KaromahBoweraqomadin Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Mas Andank
Guest

Jakarta menjadi ikon Indonesia. dari dulu masih sering banjir. kapan ya bisa diatasi mas

Rizkyzone.com
Guest

saya berharapnya jakarta yang sekarang di pimpin pak joko widodo benar2 bisa membawa perubahan untuk jakarta

ndop
Guest

jakarta katanya memang datarannya rendah ya, jadi “wajar” kalo kena banjir, apalagi penduduknya buanyak.. mending ibukotanya dipindah di Nganjuk aja. Aman sentosa hehehe..

EventJogja
Guest

masalah sampah adalah masalah bersama, muda tua, miskin kaya, semuanya, ayo peduli lingkungan 🙂

tomi
Guest

semua orang peduli tapi pebisnis dan kontraktor bangunan ttp aja duit yang dipikirkan 😀

Cahya
Guest

Jakarta itu terlalu berat untuk diubah, tapi ya mesti berubah dong :).

tomi
Guest

ya kita semua harus berusaha berubah 😀

Sriyono Suke
Guest

Jakarta Gorong gorong nya terlalu sedikit, tapi Garong Garong nya banyaaak…
Demikian kata om BDI 😀

tomi
Guest

hahaha.. setubuuuuuuuuuuh

Dery Supriady
Guest

Sudah menjadi Agenda Tahunan bagi Jakarta itu bang.

Jasa Penerjemah tersumpah
Guest

Trims gan
blogwalking meninggalkan jejak dengan baik dan sadar tidak melakukan spam
penerjemah tersumpah
jasa penerjemah
jasa penerjemah resmi

Abed Saragih
Guest

Saya juga lihat di TV bang ngeri banjirnya Bang,sampai sepinggang orang dewasa,ada yang rata-rata 1 komplek rumahnya hampir tenggelam dengan banjir sekarang.

Semoga banjirnya cepat surut ya,dan juga korban dapat diberi sembako sehari-hari.

tomi
Guest

depan kost tadi jg sepinggang.. gawwaaat

Hybrid car
Guest

Melihat kenyataan seperti itu, masih banyak juga orang berdatangan ke sana. kalau aku…nggak tertarik sama sekali !!

tomi
Guest

aku sakjane yo ra tertarik mas.. tp yo py meneh 😀

Nakusan Bali
Guest

banjir di jakarta menjadi tradisi tahunan..hehehe
kapan jakarta bebas dari banjir dan macet ya? jangan bilang kata koesploes: kapan-kapan.. ya mas..hahaha

tomi
Guest

wkakak.. ya smg aja usulan dan ide jokowi untuk membuat peresapan bs benar-benar terwujud

beautibusti
Guest

Wah,, jakarta selalu langganan banjir ya,

ide p.jokowi memang bagus, tp alangkah baikx warga jakarta juga membantu menjaga kebersihan,, itu langkah paling awal mencegah banjir 🙂

MdarulM
Guest

Buang sampah pada tempatnya…sederhana tapi rasanya masih susah dioraktekkan,

Mang mlebet
Guest

waw,. Berarti tu perkara banjir udah dari jaman benyamin ampe sekarang yaw.,??
salam mas hehe.,

L13min
Guest

Sudah menjadi budaya di jakarta,.. Susah mengubah mainset orang2 yang sudah lama tinggal di kawasan kumuh di jakarta. Semua karena keadaan.. Semoga cepat surut banjirnya..

Ilmu Hikmah
Guest

Pasti ada hikmah dari kejadian ini, semoga jika sudah surut masyarakat jakarta bisa sadar untuk menjaga lingkungannya dengan tidak membuang sampah disembarang tempat

Di-Mana gan
Guest

lagi2 jakarta kebanjiran. ,
apa gag bosen tuh jakarta kenak banjir. .kwkww

Jefry
Guest

Kalau sekarang penyebabnya ada banyak mas dan ini menurut saya salah satu banjir yang terbesar sebab hampir sebagian besar wilaya Jakarta digenangi air..

aqomadin
Guest

kasihan bener jakarta kebanjiran, diliatnya udah kyk bulak… kyknya emang harus pindah ibukota

Bower
Guest

Atau mungkin karena minim bak sampah mas? Kalo banyak bak sampah yang tersedia dan masih tetap buang sampah sembarangan, lebih baik diusir saja dari jakarta. :Crazy2:

Tasbih Karomah
Guest

ajib ghan artikelnya,,, semoga semuanya dapat hikmah dan berkahnya

Belajar Hikmah
Guest

Salam sukses , ndan buat kita semua

Major Sandoval
Guest

”Setiap musim hujan taman selalu tergenang. Tanahnya menjadi becek, tumbuhan liar cepat tinggi, dan sampah mengumpul terbawa air. Taman jadi tak bisa dinikmati lagi,” kata Wiwin Muis (60), warga Rawabadak Utara.