Indonesia di Film Hollywood

Berhubung kemaren badan baru agak meriang, seharian cuma bisa di rumah sambil nonton TV. Nah kebetulan kemaren bioskop salah satu TV Swasta Nasional yaitu Trans TV menyiarkan film Anaconda dan AnacondaS secara berturut. Yang anaconda sih dah sering lihat sampe hafal ceritanya hehe.. Nah yang Anacondas sih dulu dah pernah nonton tapi di DVD, makanya kemaren antusias yang nonton. Nah ternyata syuting filmnya di Padrang, Kalimantan (pemain menyebutnya Borneo). Merasa kagum aku, ternyata film Hollywood dan Box Office seperti Anacondas ternyata syutingnya di salah satu pulau di negeri Indonesia tercinta ini 😀

Karena penasaran, akhirnya coba Googling apakah ada film box office lainnya yang syuting atau menyebutkan kata / lokasi di Indonesia. Ternyata hasilnya wawwwwww… Banyak juga film hollywood yang menggunakan lokasi syuting atau mengucapkan salah satu lokasi di Indonesia tercinta ini. Ni dia beberapa film yang ada selain Anacondas

  • ALIAS (Season 1, Season 4/5, Serial TV)
    Pernah salah satu episodenya (21) bersetting di Bali, di tengah kota Denpasar
  • AROUND THE WORLD IN 80 DAYS (versi klasik)
    Disitu diceritain sebelum mereka berangkat, mereka milih negara mana yang dituju lewat brosur-brosur yang ada di travel agen. Salah satu brosur tentang Bali. Di film itu dibilang kalo Bali adalah pulau surga dengan perempuan berdada terbuka. (wah jadi ngilerr hehe..)
  • BATS (1999)
    Lagi-lagi Indonesia “dilibatkan” dalam sebuah eksperimen keblinger. Kelelawar-kelelawar yang dijadikan bahan percobaan oleh pemerintah dalam film ini berubah menjadi hewan yang beringas dan menyerang penduduk kota. Mau tahu dari mana asal kelelawar tersebut? Ya, Indonesia. Bahkan dua kelelawar yang jadi “bintang”dalam film ini diambil langsung dari negara kita.
  • BOSTON PUBLIC (Serial TV)
    Ada adegan saat salah satu murid sekolah yang ternyata imigran gelap dari Indonesia namanya Sri, castingnya sih wajah oriental, termasuk sang ayah. Pas si guru datang ke rumah persembunyian mereka, buka pintunya pake sapaan “siapa itu?”
  • COMMANDER IN CHIEF (Serial TV)(2006)
    Film ini dalam salah satu episodenya menceritakan Presiden AS Geena Davis(pemeran Mackenzie Allen, presiden wanita AS pertama) membantu Presiden Indonesia untuk memerintahkan pasukan TNI melawan teroris yang bermukim di perbatasan Kalimantan-Serawak. Pertempuran terjadi di bawah pimpinan seorang Letjend TNI yg membawahi pasukan elit dari TNI (disebut “ranger”) dan juga elit AS untuk membantu menumpas teroris yang juga ngomporin melakukan gerakan separatis, dimana gerombolan ini mencoba menyeberang perbatasan di Kalimantan-Serawak. Terjadi perdebatan sengit di dewan senat AS dalam pengiriman pasukan elit ini, bahkan ditolak karena Senat beranggapan Presiden Indonesia mampu menyelesaikan masalah ini tanpa bantuan AS. Akan tetapi berbagai kepentingan seperti para scientist AS yang ikut disandra teroris menjadi agenda khusus pemerintah AS yg diam2 mengirim pasukan AS ini ke Indonesia dengan persetujuan presiden Indonesia. Selain itu, ada agen spionase wanita yg dikirim untuk membantu TNI dan grup pasukan elit AS memberikan info detail untuk menumpas teroris tersebut sangat fasih berbahasa Indonesia. Bahkan saat pertempuran sengit berlangsung banyak terjadi dialog bahasa Indonesia yang cukup kental disini
  • DUNSTON CHEK IN (1990-an)
    Film komedi yang mengisahkan seorang anak kecil dan monyetnya yg cerdas tanpa sengaja berhasil menggagalkan perampokan permata di Hotel Hilton, dan sebagai imbalan mereka boleh berlibur gratis di Hilton Bali. Yang bikin aneh adalah meskipun suasananya adalah Bali, lengkap
    dengan pantai dan pohon kelapa dan nuansa bali lainnya, tapi orang-orangnya semuanya memakai kimono dan berbahasa Jepang!
  • ELEKTRA
    Gelangnya yang dia pakai berasal dari Indonesia. (bangga nih jadi produsen gelang hehe..)
  • EAY, PRAY, LOVE
    Film yang dibintangi Julia Roberts ini hampir sepertiga filmnya mengambil lokasi syuting di Ubud Bali. (mantabbbss sih Bali hehe..)
  • HEAVY METAL
    Film action Hong Kong yang endingnya di Indonesia. Duel terakhir antara hero dan penjahatnya di puncak Gunung Bromo.(dan disebutin klo itu emang Gunung Bromo Indonesia)
  • IN THE GODS HAND
    Film tentang selancar dari Hawai ke Bali. Waktu itu ada peselancar2 muda dari Amerika yang nyoba semua ombak yg ada di dunia. Saat itu di Lombok/Bali, ceritanya mereka ketangkep polisi Indonesia, trus polisinya disuap dengan cara “salaman dengan nempelin duit ke tangan polisi”. Lolos deh mereka. (waduhh budaya jelek malah keliatan di mata dunia xixixix….)
  • KING KONG (1933 dan 2005)
    Dibintangi oleh Adrien Brody, Naomi Watts, dan Jack Black, Indonesia digambarkan sebagai suatu negeri antah berantah yang primitif dan terbelakang, yang jauh berada nun jauh di sana, yang dihuni oleh binatang langka berjuluk King Kong dan penduduk pribumi yang sangat barbar, di Pulau Tengkorak (Skull Island), yang dikisahkan di sebelah barat Sumatera. Kapalnya juga bernama “Soerabaja”, tertulis di buritan kapal. Sedangkan syuting mengenai pulau itu dibuat di wilayah Thailand Selatan dan di Lyall Bay, Wellington. Padahal kalo melihat peta yang tercantum di film King Kong itu, Pulau Tengkorak itu tak lain adalah Pulau Nias.
  • LEGEND OF THE FALL
    Si Brad Pitt diceritakan merantau ke berbagai tempat termasuk Sumatera dan Jawa. Bahkan dia dapat kalung gigi babi hutan dari Jawa.
  • SMALLVILLE (Serial TV, season 2)(2003)
    Film merupakan seri drama AS yang menampilkan watak Clark Kent (Superman) sewaktu zaman remajanya di pekan Smallville, Kansas. Pernah ditayangkan di SCTV. Dalam film ini pacarnya Lana, Whitney, kan mati di Aceh waktu ikut wajib militer di Marinir. Saat sedang berpatroli, kendaraan yang membawa Whitney dan peletonnya dibombardir, dihujani ledakan bertubi-tubi. Adegannya mirip kondisi perang di Irak. Anehnya Aceh digambarkan bagaikan gurun2 bebatuan dan disisi lain, digambarkan tentara Amerika yang bantu ngelawan GAM di Aceh, digambarinnya di rawa2, dtuliskan lokasinya di Aceh Indonesia.
  • THE KRAKATOA: THE LAST DAYS
    Secara lokasi krakatau di Indonesia. Terang aja Indonesia disebut terus dalam film ini.

(data diambul dan dirangkum dan diambil dari sini )

Banyak kan?? berarti Indonesia sebenarnya terkenal juga ya di Hollywood sana. Tapi kok tak pernah terekspos ya?? Yah semoga aja bsk ada aktor/aktris Indonesia yang memerankan film Hollywood meskipun cuma cameo atau figuran ya hehe.. Pokoknya Go Go Indonesia..

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of