H+7 Blogger Nusantara

Kopdar 1000 Blogger Nusantara sudah lewat tepat sminggu lalu tapi malah aku malah belum update blog karena kesibukan di dunia offline, nasib jadi kuli pemerintah :malu: Nah mumpung ada waktu banyak untuk nulis, maka kali ini aku mau cerita tentang Kopdar Blogger Nusantara yang diadakan di Sun City Convention Hall seminggu lalu. The story is begin…..

Kopdar Blogger Nusantara

HARI PERTAMA – Jumat, 27 November 2011

Aku berangkat sendiri dari Jogja kamis malam dan terpaksa tidak bisa ikut rombongan Komunitas Blogger Jogja karena harus menyelesaikan pekerjaan dulu. Sampe di Sidoarjo langsung menuju Sun City Convention Hotel. Ehh sampe sana ternyata masih sepi, coba tanya2 panitia ternyata tidurnya di GOR Sidoarjo. Langsung deh kontak mas Azhie selaku Korwil Regional Jogja dan akhirnya bertemu dengan teman-teman blogger jogja :silau:

Tanpa istirahat, langsung berangkat ke Convention Hall dan melakukan registrasi ulang untuk mendapatkan call card. Acara Blogger Nusantara langsung dibuka dengan Perform Tarian Surabaya dan kemudian sambutan dari Kang Suryaden, Mas Gempur dan Mba Rika selaku panitia SC dan OC. Jujur karena masih ngantuk jadi tidak terlalu fokus 😀 Tidak lupa sambutan dari Wabup Sidoarjo yang menginginkan agar para blogger nusantara ikut mempromosikan Sidoarjo dan mengubah paradigma bahwa Sidoarjo akan tenggelam karena lumpur Lapindo. Menurut pak Wabup, yang terkena lumpur itu cuma 2% dari total luas kota Sidoarjo. Jadi jangan dilebih-lebihkan (siapp pak 🙂 )

Aku mulai fokus kembali ketika Willis Wee owner Penn Olson memberikan materi mengenai bagaimana cara fokus di 1 niche untuk sebuah blog. Dan yang dia tekankan dalam dunia blogging adalah Content is The King. Yang ingin mendapatkan file presentationnya Willis Wee bisa diunduh di SINI. Saya mendapatkannya setelah mencoba memintanya melalui mention akun twitter willis wee.

Lanjut kemudian materi blogger nusantara adalah dari BliBli.com dan Yansen Kamto. BliBli.com mengadakan sebuah kontes menulis dengan tema Living Digital tapi paling lambat pendaftarannya kemaren tanggal 4 😀 Yansen Kamto sendiri memberikan materi mengenai industri digital, bagaimana cara melihat dan memanfaatkan peluang. Yang paling saya ingat adalah Yansen Kamto adalah pengemis follower karena selalu minta peserta untuk memfollow akun twitternya heheehe pisss 😀

Udah habis itu langsung balik ke camp pengungsian ehh GOR untuk atri mandi karena memang airnya terbatas 😀 Malamnya pun tidur dengan segala keterbatasan tapi menyenangkan 😀 Beralaskan kasur tipis dan bantal baru 😀 Photo diambil dari kamera mas Jeanot

GOR Sidoarjo

HARI KEDUA – Sabtu, 28 November 2011

Hari kedua di Sidoarjo. Bangun pagi karena harus cepat-cepat antri kamar mandi supaya dapat jatah air. Tapi akhirnya aku, mas Evo.web.id dan mas blog.ardy.info mandi di kamar mandi Mushola terdekat. Meski bayar 2 ribu yang penting puas mandi 😀 Habis mandi langsung jalan kaki *kembali* ke Sun City Convention Hotel. Acara pembukaan cukup ekstrim yaitu tarian dari Sanggar Madura yang memamerkan tarian menggunakan clurit. Cantik-cantik tapi bawa clurit, sereeeemm.. 😀

Acara hari kedua ini adalah dari JustSilly yang memaparkan komunitas donor darah online Blood4Life. Blogger yang ingin mendonorkan darah bisa menghubungi beliau. Suasana saat itu sedikit merinding dan sedih saat mba JustSilly menceritakan berbagai pengalamannya. Setelah itu Budi Hermanto  yang memaparkan tentang Suara Komunitas. Aku sendiri agak mengantuk saat itu jadi kurang konsentrasi 😀 Pada saat break makan siang, aku mendapatkan kesempatan bisa bertemu dengan Kang Yayat Sudrajat dan juga Pakdhe Cholik. Akhirnya bisa bertemu dengan beliau.

Habis Ishoma, materi yang ditunggu-tunggu pun datang yaitu materi mengenai Google Analytics yang dibawakan langsung oleh Vinoaj Vijeyakumaar yang bekerja di Google Singapura sebagai Senior Conversion Specialist. Banyak ilmu baru yang didapat saat itu terutama cara mengoptimalkan blog melalui tools-tools yang sudah disediakan Google. Presentasinya bisa dilihat di SINI.

Selesai acara masih sempat photo-photo dengan Kang Suryaden, Bro Eserzone, Pakdhe Blonthank dan blogger jogja lainnya. Lagi-lagi photo diambil dari kamera mas Jeanot 😀

Photo Kopdar Blogger Nusantara

HARI KETIGA – Sabtu, 28 November 2011

Hari ketiga acara dimulai sedikit terlambat jika dilihat dari RunDown Acara Blogger Nusantara. Tapi mungkin karena panitia dan peserta juga mulai kecapekan 😀 Acara dimulai dengan perform dan kemudian panitia SC, OC blogger nusantara naik ke depan panggung untuk menceritakan awal mula ide gila Kopdar Blogger Nusantara dll. Di situ juga diceritakan mengapa semua peserta ditempatkan di GOR Sidoarjo dan bukan di penginapan ataupun hotel.

Kemudian acara dilanjut dengan membentuk sebuah pengurus Paguyuban Blogger Nusantara yang tiap pulau diwakili oleh 1 orang blogger. Dan kemudian dilanjutkan dengan Sumpah Blogger Nusantara yang isinya adalah :

1. Kami blogger Indonesia, satu kebanggan bersama, blogger Indonesia.
2. Kami blogger Indonesia, satu misi bersama, persaudaraaan dan kemandirian , blogger Indonesia.
3. Kami blogger Indonesia, satu visi bersama, insan kreatif media digital Indoneia.

Acara pun ditutup dengan photo bersama di atas panggung dan juga pengambilan Tas Punggung, PIN dan Internasional Sertifikat Blogger Nusantara. Pokoknya puas deh ikut Kopdar Blogger Nusantara. Ada cerita lucu, asyik, gokil, bisa bertemu dengan banyak blogger dll. Yang gak datang pasti menyesal hehehe… Tapi nanti 2012 pasti ada lagi kok.. Semoga bisa bertemu di event Blogger Nusantara selanjutnya. Sekian oleh-oleh cerita yang bisa saya tulis di blog ini.

SALAM BLOGGER NUSANTARA… LUAR BIASAAAAAAA….

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of