Pertamax Perekaman e-KTP

e-KTP atau elektronik ktp mungkin adalah kalimat yang sering di dengar akhir-akhir ini (kecuali yang jarang baca berita atau nonton tv hehehe… ). E-KTP atau KTP Elektronik adalah dokumen kependudukan yang memuat sistem keamanan / pengendalian baik dari sisi administrasi ataupun teknologi informasi dengan berbasis pada database kependudukan nasional. Penduduk hanya diperbolehkan memiliki 1 (satu) KTP yang tercantum Nomor Induk Kependudukan (NIK). NIK merupakan identitas tunggal setiap penduduk dan berlaku seumur hidup. Nomor NIK yang ada di e-KTP nantinya akan dijadikan dasar dalam penerbitan Paspor, Surat Izin Mengemudi (SIM), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Polis Asuransi, Sertifikat atas Hak Tanah dan penerbitan dokumen identitas lainnya (Pasal 13 UU No. 23 Tahun 2006 tentang Adminduk). Intinya ke depannya e-KTP ini akan menjadi sebuah identitas multi fungsi (harapannyaa….. 😀 )

Tadi siang pas di Kecamatan Kotagede Yogyakarta, ternyata udah ada ujicoba perekaman data e-KTP untuk pertama kalinya sebelum besok Selasa, 4 Oktober 2011 akan di launching perdana. Nah aku sendiri tadi mendapat kesempatan pertama untuk menjadi PERTAMAX untuk diambil datanya oleh operator kecamatan. Ternyata gampang banget, ini dia step by step nya :

  • Pertama kali kita langsung duduk sebelah operator dan akan dilakukan pengambilan gambar / photo. Kameranya keren banget yaitu Canon EOS 1100 D. Indonesia udah kaya keliatannya 😀
  • Setelah selesai photo, kita akan melakukan pengambilan tanda tangan digital. Nanti kita disuruh tanda tangan di sebuah alat namanya Signature Pad.
  • Setelah selesai tanda tangan digital, maka yang diambil adalah sidik jari melalui alat yang namanya Finger Print. Urutannya adalah
    • 4 Jari kanan (dari telunjuk sampe kelingking)
    • 4 Jari kiri (dari telunjuk sampe kelingking)
    • 2 ibu jari kanan kiri
  • Selanjutnya yaitu pengambilan data retina mata menggunakan alat yang dinamakan Iris Scanner. Iris scanner itu bentuknya seperti teropong, tinggal kita dekatkan dengan mata sejarak 5 cm maka scanner akan otomatis memotret retina mata kita.
  • Pengambilan data biometrik untuk e-KTP selesai. Kita tinggal melakukan verifikasi menggunakan telunjuk kanan dan kiri dan kemudian menandatangani pernyataan bahwa data yang diambil adalah benar dan sah 😀
Ternyata mudah sekali dan kira-kira hanya memakan waktu kurang lebih 5 menit jika kondisi semua lancar. Tadi lihat kebanyakan orang tua agak susah di pengambilan gambar retina dan sidik jari.. Wes pokok e udah ambil data dan tinggal nunggu kapan jadinya e-KTP ini. Katanya sih akan jadi pada Januari 2012 mendatang. Semoga aja uang untuk mencetak e-KTP bukan dikorupsi aihihihihi….
Adakah teman-teman blogger yang udah melakukan perekaman data untuk e-KTP? share donk di kotak komentar yaak 😀
Sekian postingan gak penting dari aku.. Lah belum ada ide nulis tentang apa hehehe..  GO Go Blog!

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of