Blogspot Menggunakan Captcha

Blogspot Menggunakan Chaptcha

Saat blogwalking ke blog teman-teman yang menggunakan blogspot ternyata aku baru sadar kalau sekarang blogspot sudah berubah, saat ini blogspot menggunakan captcha untuk menghindari spambot. Padahal dulu keliatannya untuk menghindari spam, blogspot hanya menggunakan verifikasi kata yang tidak terlalu rumit dan mudah dibaca. Entah apa alasan blogspot menggunakan captcha sebagai pengamannya saat ini.

CAPTCHA merupakan kependekan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart. Istilah ini diciptakan oleh Luis von Ahn, Manuel Blum, Nicholas J. Hopper, dan John Langford pada tahun 2000. CHAPTCHA merupakan jenis respon tes yang digunakan dalam dunia komputasi yang bertujuan untuk memastikan bahwa user adalah human atau manusia, dan bukan robot.

Tapi sejak blogspot menggunakan captcha, aku sendiri malah merasa kurang nyaman. Masa mau komentar aja jadi repot dan tidak nyaman :D. Apalagi yang kotak komentarnya diletakkan di bawah postingan, jadi saat klik publish ternyata masih muncul pop up untuk masukkan kata capcai seperti gambar di postingan ini. Mentor blogspot saya yaitu Kang Kombor juga membuat postingan mengenai ketidaknyamanan verifikasi kata komentar di blogspot. Di postingan tersebut, Kang kombor memberikan usulan buat teman-teman blogger yang menggunakan verifikasi kata captcha yaitu sbb :

Usul untuk blogpot yang mengaktifkan verifikasi kata:

  1. Apabila verifikasi kata diaktifkan, sebaiknya formulir komentar tidak usah disematkan di bawah tulisan. Kasihan pemberi komentar harus mengisi verifikasi kata setelah klik tombol kirim komentar dan mengklik tombol kirim komentar sekali lagi. Tempatkan diri Anda sebagai pemberi komentar apakah hal seperti itu nyaman atau tidak. Dengan formulir komentar yang dibuat sebagai jendela munculan (pop up), verifikasi kata langsung muncul pada formulir komentar sehingga cukup sekali klik tombol kirim komentar.
  2. Apabila menggunakan template gratis dari situs penyedia template, silakan periksa formulir komentar ada fitur gulung bingkainya ke bawah atau tidak. Template seperti itu biasanya menampilkan komentar di bawah tulisan dengan iframe. Apabila ada, verifikasi kata bisa diaktifkan tetapi sebaiknya tetap lihat usul No.1 di atas.
  3. Blog yang menerapkan moderasi komentar sebaiknya tidak usah mengaktifkan verifikasi kata karena setiap komentar yang masuk tetap akan Anda moderasi.

Selain itu buat teman blogger yang menggunakan blogspot, tolong berikan pilihan Name/URL di kotak komentar. Memang punya akun google untuk berkomentar tapi kan jadi link blog kita gak bisa muncul hehehehe 😀 Hanya saran loh soalnya aku jarang komentar di blog yang tidak ada name/url nya kecuali kepepet  :Crazy-Tounge:

Go Go Blog!

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of