Blogilicious Trah Yogyakarta

 

Keluarga Besar Blogilicious Trah Yogyakarta
Keluarga Besar Blogilicious Trah Yogyakarta

Blogilicious Trah Yogyakarta yang diadakan oleh Idblognetwork di Yogyakarta pada Sabtu-Minggu 11-12 Juni 2011 di Kampus UPN akhirnya selesai dan sukses besar. 150 Blogger Jogja ditambah beberapa blogger surabaya, blogger bengawan dan juga blogger lampung hadir di Blogilicious Trah Yogyakarta. 2 hari yang melelahkan akan tetapi sangat puas karena beberapa materi yang dibawakan sangat membantu aku untuk mengenal lebih jauh mengenai dunia Blogger.

Hari pertama Blogilicious Trah Yogyakarta, saya bersama mas Bima (admin bimasakti.info) sudah janjian akan berangkat bersama dan berkumpul di depan Hotel Ambarukmo. Pukul 9.30 WIB kami berdua pun sampai di UPN dan langsung menuju lantai 3 Fakultas Pertanian. Di sana kami langsung melakukan registrasi dan disambut oleh 2 SPG Berniaga.com yang cantik-cantik :malu:

 

SPG Berniaga di Blogilicious Trah Yogyakarta

SPG Berniaga – Paling Cantik mana? hehehe

Acara pun dibuka pada pukul 10.00 dengan menyanyikan Indonesia Raya. Disini terdapat kejadian lucu dimana MC (mas Ferry – kalau gak salah 😀) memberhentikan kami saat menyanyikan lagu Indonesia Raya karena dikira sudah selesai. Ketahuan nihh kalau gak berjiwa nasionalis hehehe.. piss mas 😀 Selesai menyanyi, mas Amril langsung mengambil alih acara sebagai moderator dan sesi diskusi pun dimulai.

Hari Pertama Blogilicious  Trah Yogyakarta Sabtu 11 Juni 2011.

Berikut uraian singkat mengenai acara masing-masing sesi pada hari pertama Blogilicious Trah Yogyakarta :

  • Tips Blogging : sesi ini dibawakan oleh mas Blontankpoer. Beliau memberikan beberapa tips untuk menulis di blog, bagaimana mencari ide postingan dan juga memberikan cara membuat awal kalimat dalam sebuah postingan. Inti yang saya dapat dalam sesi ini adalah segeralah menulis dan jangan terlalu lama memikirkan bagaimana dan apa jadinya postingan yang akan kita tulis. Pokoknya take action!
  • Etika Ngeblog : sesi ini dibawakan oleh mas Iman Brotoseno. Dalam sesi ini ditekankan kepada semua blogger bahwa dalam ngeblog kita harus menghindari kegiatan plagiat, copy paste dan mengambil sesuatu dari blog/situs lain. Beliau juga bercerita bahwa bentuk penjiplakan tanpa ijin bisa diselesaikan melalui jalur hukum.
  • Mobile Blogging : sesi ini dibawakan oleh mas Pribadi Nirwana. Sebenarnya saya merasa kurang puas dengan materi yang disampaikan beliau karena beliau malah menceritakan perkembangan teknologi handphone dan lingkungannya. Padahal yang saya harapkan dalam sesi ini adalah diberikan berbagai tips blogging melalui Handphone, aplikasi blogging via Hp atau pun yang lainnya. Untuk sesi yang dinamakan Mobile Blogging, saya rasa materinya kurang sesuai 😀
  • Sosial Media : sesi ini dibawakan oleh Mas Dimas Maulana. Blogger muda ini menceritakan bagaimana cara membuat dan memasang facebook share dan twit button di blog serta memberikan tips jitu mengenai waktu ngetwit dan FB yang paling tinggi frekuensinya. Dan setelah saya coba ternyata benar bahwa ada jam-jam tertentu dimana orang paling banyak mengakses Sosial Media.
  • Blog Monetizing : sesi ini dibawakan langsung oleh Mas Kukuh dan Mba Rika selaku founder Idblognetwork. Keduanya menceritakan sejarah, visi, dan misi Idblognetwork. Di sesi ini mas kukuh dan mba rika juga memberitahukan beberapa TOS IBN, kategori yang sesuai di IBN dan juga beberapa client/sponsor yang sudah bekerjasama dengan Idblognetwork.

Secara keseluruhan, acara hari pertama Blogilicious Trah Yogyakarta cukup menyenangkan walaupun terkadang saya pun terkantuk-kantuk. O ya di hari pertama juga ada sesi tambahan dari Berniaga.com dan juga sesi pengenalan Asean Blogger. Di akhir acara pun mata saya juga terbelalak dan hati riang gembira karena saya berhasil memenangkan kuis IBN dan memperoleh hadiah Job Review dari IBN hehehhe… Lumayan rejeki nomplok. Terima kasih IBN 😀

Tomi Purba dan mba Mubarika
Saya dan Mba Mubarika - Hasil Jepretan mas Jeanot Nahasan

Hari Kedua Blogilicious Trah Yogyakarta Minggu 12 Juni 2011.

Berikut uraian singkat mengenai acara masing-masing sesi pada hari kedua Blogilicious Trah Yogyakarta :

  • Blogpreneur : sesi ini dibawakan oleh mas Eko SHP. Beliau menerangkan beberapa tips menjadi blogpreneur sejati yang harus lebih sering take action daripada hanya bermimpi dan berpikir saja. Terdapat 6 tips dari beliau tapi hanya 2 yang saya ingat betul yaitu Doa dan Senyum.  Senyum dengan format 2+2+7 yaitu 2 cm ke kiri, 2 cm ke kanan dan harus tersenyum selama 7 detik.
  • Security : sesi ini dibawakan oleh mas Aldy Terren Putra. Seorang Semi Elite white hacker menurut saya. Beliau memberikan tips keamanan dalam blog wordpress baik dari segi plugin keamanan dan juga menerangkan beberapa teknik hacking seperti SQL Injection, XSS, Phising, Ddos, dan juga beberapa tips pencegahannya. Meskipun hacker tapi ternyata beliau baik dan juga enak diajak ngobrol. Semalam kita sempat ngobrol via Twitter dan juga Facebook. Malah mas Aldy ni follow twitter saya duluan hehehe… Pokoknya siap saya PM terus looh mas Kodok wkakak…
  • SEO : sesi ini dibawakan oleh mas Suryaden, seorang praktisi SEO yang ternyata berasal dari Jogja juga (kalau gak salah 😀 ). Meski kurang interaktif tapi mas Suryaden memberikan oleh2 luar biasa bagi peserta Blogilicious yaitu 4 lembar kertas yang berisi mengenai tips Whitehat SEO, bagaimana cara optimasi SEO baik on page ataupun off page. Pokoknya kertasnya akan saya simpan baik-baik mas :). Dalam sesi ini, saya juga tertawa terbahak-bahak saat mas Suryaden menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh mas Bima Sakti yaitu bagaimana tips cepat untuk terdaftar di DMOZ. Mau tau apa jawaban mas Suryaden?? Jawabannya adalah “Banyak Berdoa” wkakakakaka :LOL:
  • Themes Design : Sesi terakhir pada Blogilicious yang dibawakan oleh Mas Jauhari. Akhirnya bisa bertatap muka langsung dengan beliau. Bahkan sebelum acara, saya sempat berbincang-bincang dengan Mas Jauhari dan mas Triunt. Pada sesi ini saya benar-benar mendapatkan pencerahan bahwa mudahnya membuat Child Themes. Dari beberapa artikel yang saya baca saya malah kebingungan, eh setelah dipraktekkan mas Jauhari ternyata gampang pool 😀

Week End yang menyenangkan, walau capek semua terbayar tuntas. Dapat Job Review, bertemu dengan beberapa blogger, bersalaman dengan mas Kukuh, mba Rika, mas Amril, mas Jauhari dan lainnya. Semoga ke depannya Idblognetwork akan selalu mengadakan acara seperti ini untuk lebih meningkatkan kualitas, kebersamaan dan juga kekeluargaan antar Blogger.

 

Gatotkaca di Blogilicious Trah Yogyakarta
Serah Terima Wayang GatotKaca

Sukses terus Idblognetwork dan teruslah terbang dan kuat seperti Gatotkaca (terima kasih buat informasinya pak Eko SHP), tokoh pewayangan yang diberikan Panitia Lokal kepada mba Rika dan mas Kukuh. Salam Blogilicious Trah Yogyakarta

Panitia Lokal Blogilicious Trah Yogyakarta
Panitia Lokal Blogilicious Trah Yogyakarta

(Foto dari Kiri ke Kanan : Mas Iqbal, Mas Ferry, Mba Rika, Mas Azhie, Mas Kukuh, Mas Sanha dan Mas Tony)

Salam Blogilicious Trah Yogyakarta

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of