Blogging: Apakah Sekedar Hobby Atau Jadi Peluang Usaha

Blogging: Apakah Sekedar Hobby Atau Jadi Peluang Usaha

Kegiatan blogging sudah menjadi salah satu hobby yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Berbagai jenis blog bermunculan setiap harinya, mulai dari blog tempat curhat, blog tempat puisi, blog catatan harian, blog traveling, blog untuk bisnis, dan lain-lain. Nah, untuk para blogger, apakah kegiatan blogging ini hanya sekedar hobby saja, atau ada sesuatu yang lain?

Buat Saya, walaupun pada awalnya blogging hanyalah sebuah hobby, tapi pada pada perkembangannya blogging ternyata bisa menjadi sesuatu yang lebih dari sekadar menulis. Blogging bisa menghasilkan uang dari internet secara rutin dengan penghasilan yang cukup menjanjikan. Jadi, selain dapat menyalurkan hobby menulis, blogger juga bisa menjadikan hobbynya menjadi sebuah peluang usaha yang menghasilkan uang dari internet.

Kalau di negara Amerika, cukup banyak orang yang bisa mendapatkan penghasilan yang fantastis dari blog mereka, bahkan ada juga website besar yang berawal dari web/ blog kecil. Misalnya website Mashable.com, dulunya web ini adalah blog WordPress sederhana yang dikelola oleh seorang blogger asal Inggris bernama Pete Cashmore.

Mungkin dulu Mashable.com belum termasuk situs yang terkenal, tapi sekarang ini Mashable.com adalah situs yang sering dijadikan rujukan untuk informasi tentang media sosial dan teknologi. Website ini dimonetize dengan PPC (Pay Per Click) Google Adsense, dengan penghasilan per bulan sekitar $US 600.000, kalau dirupiahkan sekitar Rp 6 Milyar per bulan, dengan page view sekitar 25 juta PV per bulan. Angka yang sangat fantastis bukan?

Selain Mashable.com, masih ada banyak situs lain yang awalnya adalah sebuah blog sederhana, dan sekarang sudah menjadi situs besar dengan trafik dan penghasilan yang cukup fantastis. Β Misalnya blogger dari India yang bernama Amit Agarwal (www.labnol.org), penghasilannya per bulan dari blognya adalah $US 45.000 atau sekitar Rp 450 juta per bulan dari Google Adsense.

Poin pentingnya adalah, sebenarnya kegiatan blogging itu punya potensi untuk menghasilkan uang dari internet. Dengan kata lain, kegiatan bloging selain untuk menyalurkan hobby juga bisa menjadi sebuah bisnis online yang sangat menjanjikan. Tapi itu kembali ke si blogger itu sendiri, apakah dia ingin menjadikan blognya menjadi sebuah situs yang bisa menghasilkan uang secara online atau hanya sekedar tempat menyalurkan hobby saja.

Artikel ini tidak sedang menganjurkan agar blogger menjadikan blog mereka sebagai ladang bisnis, tapi ingin membuka cakrawala berpikir kita bahwa sebenarnya ada banyak sekali peluang usaha yang menghasilkan uang dan sebenarnya dekat dengan kegiatan kita sehari-hari, contohnya melalui blogging. Setiap pemilik blog memiliki karakter unik tersendiri, serta punya tujuan yang berbeda-beda dalam membangun blog mereka. Nah, pertanyaannya kembali lagi, apakah kegiatan bloggin kita hanya sekedar hobby atau ingin dijadikan sebagai peluang bisnis online?

30
Leave a Reply

Please Login to comment
16 Comment threads
14 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
18 Comment authors
hengkikarimun wagonrLintas FaktaRizkyzone.comibrahim sukman Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
@mbak_widha
Guest

cuma hobby, karena mau dijadiin peluang usaha juga gak jadi-jadi

EventJogja
Guest

blogging menyenangkan punya banyak kenalan, klo diseriusin secara profesional bisa nambah pundi-pundi keuangan πŸ˜€

Aryo Seno
Guest

Kalo saya sih cuma dipakai sekedar hobi mas, wong pengunjungnya juga masih minim

TONGKONANKU
Guest

Nggak usah jauh2… teman KBJ aja sudah ada yg penghasilannya dari blog puluhan juta perbulan. Hidup di Jogja dgn penghasilan segitu sudah sangat maknyus. πŸ™‚

eserzone
Guest

Keren tu bro…..

Fauzie
Guest

Orang2 sukses banyak yang memulai usahanya dari hobi2 mereka. Kalau blogging bisa jadi hobi pasti akan punya kesempatan besar sebagai peluang usaha yang menghasilkan

harga terbaru
Guest

mantep tulisanya mas,,
mari cari uang lewat blog πŸ˜€

badrun
Guest

Idealnya sih dua-duanya, menjalankan aktivitas yg merupakan hoby dan menghasilkan fulus yang cukup. πŸ™‚

Pak kabar mas bro?

MdarulM
Guest

Baca artikel menarik begini tiba-tiba saja hasrat menjadi “blogger matre” semakin kuat. Ehm tapi, sebagai diriku lek…seorang blogger yang ingin menjadikan hobi mereka menjadi uang…wah ternyata tidak cukup, bikin blog, nulis, terus pasang iklan dapat uang…ternyata butuh proses yg cukup panjang ya. Salah satunya konsep “content is king” ya…:) belajar nulis yang bagus dan berkualitas itu yang butuh proses…yow ora?

jarwadi
Guest

selama ini saya masih sebatas hobby mas. ilmu saya belum cukup untuk mencari penghasilan dari blog πŸ™‚

Andi Rofiek
Guest

Hobby yang keren yaitu ngeblog..
biar gak goblog mari ngeblog. kerjaannya nulis baca nulis baca..
Alhasil jadi pinter.
Maksimalll deh mas Tomi…

eko
Guest

fokus fokus dan fokus ya mas hehehehe

ibrahim sukman
Guest

menggiurkan. namun saya sepakat dengan kang Tomi; konsistensi dan fokus adalah kata kuncinya. kunci lainnya adalah, ngeblog itu harus dengan passion. soal uang, jika konsisten dan fokus, pasti akan datang…salam hangat dari purbalingga kang?

Rizkyzone.com
Guest

dulu saya pertama ngeblog menadikan blog saya sebagai wadah dari hooby saya yang suka ngoleksi artikel dari setiap saya ke warnet buat cari artikel, intinya sih saya menjadikan blog sebagai perpustakaan online gt mas tomi. soalnyakan dulu setiap saya selesai ngenet dan memprint out artikel yang saya cari untuk saya baca di rumah, seiring berjalannya waktu banyak artikel yang saya kumpulnya berserakan, sejak saya kerja di wranet, sejak itu saya kenal blog dan saya berfikir kenapa nggak saya simpan saja di online siapa tahu bisa bermanfaat yang gak cuma buat saya pribadi tapi bisa bermanfaat juga buat banyak orang #Lepas… Read more »

Lintas Fakta
Guest

selain dari update content secara berkala apa langkah lainnya agar kebanjiran pengunjung?

karimun wagonr
Guest

Merupakan peluang untuk menyalurkan bakat.

hengki
Guest

Saya kira benar apa yang tertulis di atas, kalau saya pribadi lebih ke arah hobby ( walaupun sering kehabisan ide), dan ingin menggeluti nya menjadi sebuah mata , telinga, lidahpencaharian agar tidak perlu lagi kerja offline ha ha ha
Terimakasih atas artikel ini , salam sukses dan dashyaaatt