Blackout SOPA PIPA

Wikipedia melakukan aksi Blackout pada tanggal 18 Januari 2012 selama 24 jam. Aksi blackout ini adalah bentuk protes Wikipedia terhadap SOPA dan PIPA. Coba aja teman-teman buka halaman wikipedia versi bahasa Inggris. Pasti nanti halaman depannya berubah seperti gambar screenshot di bawah ini. Kalau gak percaya silahkan buka http://en.wikipedia.org/wiki/Main_Page.

Blackout SOPA PIPA

Gerakan Blackout oleh wikipedia ini berlangsung selama 24 jam. Sebenarnya situs wikipedia tidak off hanya saja menampilkan main page khusus yang intinya seruan protes terhadap SOPA dan PIPA. Aksi protes blackout ini juga diikuti oleh situs lainnya seperti :

  • http://tomipurba.com
  • http://boingboing.net/
  • http://americancensorship.org/
  • http://blacklists.eff.org/
  • WordPress.ORG dan WordPress.COM
  • dan situs besar lainnya seperti Reddit

Sebenarnya apa itu SOPA dan PIPASOPA adalah kependekan dari Stop Online Piracy Act yang artinya sebuah peraturan yang akan diundangkan untuk menghentikan pembajakan online. Peraturan ini dirancang oleh DPR AS. Sedangkan, PIPA adalah kependekan dari  Protect IP Act yang artinya sebuah peraturan untuk mencegah ancaman online terhadap ekonomi kreatif, pencurian hak kekayaan intelektual dan tujuan-tujuan lainnya. Peraturan ini digodok oleh Senat AS. Jadi situs besar seperti Wikipedia menolak adanya aturan SOPA dan PIPA karena mereka merasa bahwa Undang-undang tersebut hanya akan mengurangi kebebasan ekspresi di internet.

Bagaimana dengan teman-teman blogger semua apakah ada yang ikut aksi blackout seperti wikipedia? Aku membayangkan jika Facebook, Google dan Twitter ikut aksi ini, wahh bisa dibayangkan bagaimana nasib mereka yang bekerja dan mencari penghasilan dari dunia maya. WordPress aja ikut gerakan Blackout ini, kereen semua link di cencored sebagai bentuk protes SOPA dan PIPA ini. Aku sendiri ikut menentang tentang SOPA dan PIPA tapi gak ikut2an untuk blackout blog ini, yg dot com yang ikut hehehe…

Yang pengen tau lebih detail mengenai seperti apa SOPAdan PIPA lebih lanjut mungkin bisa membaca di postingan berikut ini :

 

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of