Banyak Lho Macam-Macam Industri Manufaktur Di Indonesia

yakin-indonesia-negara-industri-banyak-lho-macam-macam-industri-manufaktur-di-indonesia-berikut-ini-diantaranyaIndonesia merupakan negara yang besar dan luas. selain menjadi negara pariwisata, Indonesia juga menjadi Negara Industri yang besar. Jika dilihat lebih lanjut banyak sekali macam-macam industri manufaktur yang ada di Negara Indonesia. Banyaknya macam-macam industri manufaktur ini menunjukkan bahwa negera Indonesia memang Negara Industri. Lalu apa saja macam-macam Industri manufaktur di Indonesia? Berikut penjelasannya :

1.     Berdasarkan jumlah tenaga kerjanya.

Salah satu macam industri manufaktur dibedakan berdasarkan jumlah tenaga kerja. Berbagai macam industri manufatur dibedakan berdasarkan jumlah tenaga kerjanya adalah sebagai berikut:

–       Industri rumah tangga atau industri kecil dengan jumlah tenaga kerja maksimal 10 orang atau kurang dari 10 orang untuk memproduksi barang.

–       Industri menengah dalam bentuk PT atau CV dengan jumlah tenaga kerja antara 10 hingga 50 orang untuk memproduksi barang.

–       Industri besar yang bekerja di dalam skala besar dan jumlah tenaga kerja lebih dari 100 orang untuk memproduksi barang.

2.     Berdasarkan jenis kegiatannya.

Selain berdasarkan jumlah tenaga kerja, industri manufaktur juga dibedakan berdasarkan jenis kegiatannya. Berbagai macam industri manufaktur berdasarkan jenis kegiatannya adalah sebagai berikut:

–       Aneka industri yakni sebuah industri dengan jenis kegiatan menghasilkan berbagai macam barang sebagai kebutuhan masyarakat.

–       Industri logam dasar yakni sebuah industri dengan jenis kegiatan mengolah bahan baku berupa logam menjadi barang lain.

–       Industri kimia dasar yakni sebuah industri dengan jenis kegiatan berupa pengolahan bahan kimia mentah untuk menjadi bahan baku.

–       Industri kecil yakni sebuah industri dengan jenis kegiatan yang menggunakan teknologi sederhana dan menghasilkan hasil yang terbatas.

3.     Berdasarkan tingkat produksinya.

Industri manufaktur dibedakan menurut tingkat produksi agar mengetahui tingkatan dari industri itu sendiri. Berbagai macam industri manufaktur yang dibedakan berdasarkan tingkat produksinya adalah sebagai berikut:

–       Industri berat yakni sebuah industri yang menggunakan alat berat untuk memproduksi produk-produk.

–       Industri ringan yakni sebuah industri yang menggunakan mesin ringan dalam aktivitas memproduksi barang atau produk.

–       Industri dasar yakni sebuah industri yang menggunakan mesin produksi bahan baku/bahan pendukung lainnya dalam aktivitas memproduksi produk atau barang.

–       Industri rumah tangga yakni industri dengan aktivitas yang memproduksi kerajinan rumah tangga dan biasanya menggunakan alat manual bahkan menggunakan tangan.

Itulah tadi berbagai macam industri manufaktur yang ada di Indonesia. Dengan membedakannya berdasarkan beberapa hal tersebut di atas akan memudahkan dalam mengelompokkan industri manufaktur. Dengan begitu akan mudah dalam mengurus segala sesuatu hal mengenai industri itu sendiri. Antara industri yang kecil dan besar akan memiliki perbandingan yang signifikan baik dalam segi kebutuhan, pajak dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of