ASEAN Para Games 2011 – Sepi Tapi Kaya Prestasi

ASEAN Para Games 2011 merupakan sebuah kompetisi olahraga 2 tahunan se-ASEAN khusus untuk atlet-atlet disabilitas atau cacat fisik. ASEAN Paragames 2011 merupakan kompetisi Paragames ke 6 sejak tahun 2001 dan Indonesia mendapatkan kehormatan sebagai Tuan Rumah alias penyelanggara ASEAN Paragames tahun 2011 ini. ASEAN Paragames 2011 ini dilaksanakan di Kota Solo, sebuah kota yang terletak di Jawa Tengah, kira-kira 80 Km dari kota saya tinggal yaitu Yogyakarta.

ASEAN PARAGAMES 2011 – SEPI TAPI INDONESIA KAYA PRESTASI

Kemaren Minggu 18 Desember 2011, Komunitas Blogger Jogja (KBJ) mengadakan Tour de Solo untuk melihat dan meliput mengenai ASEAN Paragames 2011 sekalian untuk kopdar rutin bulan Desember. Sampai di stadion Manahan Solo langsung terkejut dan trenyuh karena 2 hal yaitu sedikitnya penonton yang datang untuk menonton dan mendukung Indonesia di ASEAN Paragames 2011, apalagi di dalam stadion Manahan yang saat itu sedang dilangsungkan cabang olahraga atletik dan yang kedua adalah sikap yang ditunjukkan oleh kaum disabilitas yang tetap semangat dan percaya diri serta mau berjuang hingga tetes keringat terakhir demi negara Indonesia. Sungguh luar biasa..

Meskipun dalam keterbatasan dan sedikitnya dukungan masyarakat, atlet Indonesia dalam cabang olahraga atletik yang bertanding kemaren di stadion Manahan Solo bisa meraih medali emas. Aku dan teman-teman juga ikut berdiri pas pengibaran bendera Indonesia diiringi lagu Indonesia Raya.

Indonesia meraih Emas di Paragames 2011
Indonesia Menjadi Juara 1 di Salah Satu Cabang Atletik

Di dalam stadion yang sepi aku berpikir kenapa ya pesta olahraga se-ASEAN bisa sepi gini. Stadion Manahan yang biasa memuat ribuan penonton hanya terisi beberapa kursi saja. Hanya tribun pintu A1 dan A2 saja yang ada penontonnya. Di tribun lain sepi sekali apalagi di tribun terbuka. Sangat kontras sekali dengan ajang SEA Games 2011 lalu yang di stadion GBK penuh sesak manusia untuk mendukung Indonesia. Tanya Kenapa? 😀 Ni penampakannya stadion manahan solo yang sepi

Paragames 2011 Sepi Penonton
Paragames 2011 Sepi Penonton

Tapi untungnya, atlet-atlet Indonesia pada event Paragames 2011 ini tetap semangat dan berjuang untuk mendapatkan medali emas dan mengharumkan nama Indonesia. Bahkan saat ini Indonesia bisa berada di urutan kedua perolehan medali ASEAN Paragames 2011 dengan total 115 medali emas, tertinggal 5 medali dari Thailand yang berada di urutan pertama dengan perolehan 120 medali emas. Hasil yang sangat luar biasa karena pada ASEAN Paragames sebelumnya Indonesia hanya berada di urutan ke tiga atau keempat. Meskipun kecil kemungkinan bisa menjadi juara Umum ASEAN Paragames 2011, tapi menjadi runner up pun sudah merupakan hasil yang maksimal dan luar biasa untuk atlet Indonesia. Bahkan bisa mendapatkan medali emas lebih dari 100 itupun sudah bagus dan diluar target awal.

Semoga dengan adanya ASEAN Paragames 2011 ini, maka masyarakat Indonesia jangan pernah menyepelekan dan memandang sebelah mata kaum disabilitas. Mereka juga mampu berbuat banyak meski dalam keterbatasan. Mereka juga bukan manusia yang cacat fisik dan harus dilemahkan, tapi mereka manusia yang mempunyai sikap sabar, tekun dan juga rasa kekeluargaan yang tinggi. Buktinya di ASEAN Paragames 2011, mereka mampu meraih banyak medali emas. Maju terus kaum disabilitas dan maju terus ASEAN Paragames 2011.

 

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of