7 Cara Memperbaiki SEO Pasca Update Google Panda

7 Cara Memperbaiki SEO Pasca Update Google Panda

Blogger mana yang tidak tahu mengenai Google Panda? Aku yakin pasti hampir semua blogger mengerti atau minimal pernah dengar dengan yang namanya Google Panda. Google Panda adalah salah satu algoritma google yang berfungsi untuk memberantas blog yang low content alias mempunyai kualitas konten yang kurang baik. Teman-teman blogger pasti pernah mengalami tendangan google panda termasuk aku juga 🙂 Nah oleh karena itulah, pada postingan ini aku mau membahas mengenai 7 Cara Memperbaiki SEO Pasca Update Google Panda. 7 cara memperbaiki SEO pasca update google panda mungkin bisa dijadikan bahan pelajaran aja karena aku juga gak begitu mudeng. Dah daripada kelamaan berikut 7 Cara Memperbaiki SEO Pasca Update Google Panda :

# 1. Pegang teguh ketepatan waktu

Konten web saat ini menjadi lebih sensitif terhadap masalah waktu ketimbang masa-masa yang lalu. Tidak peduli niche apa yang Anda pilih, Anda harus mampu memberikan secara konsisten konten berkualitas untuk target pembaca Anda. Mesin pencari seperti Google ingin Anda selalu memberikan isi dan informasi yang up to date untuk pelanggan Anda. Ketepatan waktu menjadi lebih penting lagi ketika kita mengerjakan SEO untuk situs mobile.

# 2. Katakan ‘Tidak’ untuk Konten Ecek-ecek bin Dangkal

Berhentilah menulis hanya sekadar agar bisa “rutin” memasukkan postingan. Kualitas konten yang Anda buat memiliki peran besar untuk bermain dalam peringkat pencarian. Fokuslah saja untuk membikin konten yang dapat tersebar secara viral dalam hitungan menit. Hasilkanlah konten yang isinya tidak lekang oleh perjalanan waktu. Bikin konten evergreen (tak lekang oleh waktu giculah…).

Beberapa ide untuk membuat konten ngetop-

• Tutorial untuk memperbaiki permasalahan sehari-hari masyarakat
• Studi kasus
• Laporan dunia industri
• Curated content (ingat saja apa itu kurator yang tugasnya “merawat”’)
• Tren dan perkembangan industri terbaru
• Wawancara dengan pakar industri
Jika Anda merasa situs Anda berisi konten berkualitas dangkal atau ecek-ecek, Anda harus mengambil langkah yang tepat untuk segera memperbaikinya. Tanda-tanda blog berkualitas rendah antara lain informasinya sangat umum, berisi konten duplikasi dan pembuatan halaman tanpa tujuan tertentu.

# 3. Perhatikan masalah relevansi

Kondisi pasca Google Panda bertitik-tekan pada upaya peningkatan relevansi konten. Moto utama Google di balik peluncuran update algoritmik Panda adalah untuk menyediakan pengalaman pencarian berkualitas terbaik bagi pengguna.

Itulah hal sebenarnya yang dimaksudkan Google tentang Panda –

“Salah satu langkah terpenting dalam meningkatkan peringkat situs Anda dalam hasil pencarian Google adalah untuk memastikan bahwa hasil pencarian berisi informasi yang kaya yang mencakup kata kunci relevan, digunakan secara tepat, dan menunjukkan subyek konten Anda.”
Jadi, cobalah mencocokkan konten Anda dengan ‘intent of the query’ dengan berfokus pada kata kunci yang paling relevan dalam bisnis Anda.

# 4. Jangan ikut program afiliasi secara membabi-buta

Afiliasi pemasaran adalah cara jitu untuk mendapatkan pendapatan online yang layak. Tapi mendekati teknik ini dengan membabibuta dapat menyebabkan konsekuensi serius pada SEO situs Anda. Jika tujuan satu-satunya situs Anda adalah mengirim pengunjung ke situs merchant tanpa menawarkan nilai nyata bagi pengguna, mungkin bakal ditandai sebagai ‘situs afiliasi ecek-ecek’ oleh Google. Tidak ada yang buruk saat Anda memutuskan menjadi afiliasi jika tujuan Anda adalah untuk menghasilkan konten yang bernilai (dalam bentuk review produk atau perbandingan).

# 5. Tambahkan variety ke konten

Saya suka mengulang baris ini – “Variasi adalah bumbu kehidupan.” Tapi itu bukan hanya Anda dan saya yang menikmati variasi. Bahkan Google crawler atau Googlebot mengharapkan untuk menemukan berbagai konten di situs Anda. Ketika Anda menghasilkan konten berbagai hal yang baik, berarti Anda mengirimkan sinyal bahwa Anda sangat terfokus pada pengunjung atau membuat pembaca Anda senang.

Jika Anda sedang berjuang untuk menambah variasi, cobalah –
• Video
• Slides
• Infografis
• Gambar konten
• Pasal konten
• Siaran pers
• Ulasan atau konten yang dibuat oleh pembaca
• FAQ konten dll

Dan membuat situs Anda layak masuk ke peringkat pencarian Google.

# 6. Libatkan pengunjung melalui jejaring sosial

Tingkat persaingan pada industri SEO terus meningkat. Jejaring sosial memberikan Anda kesempatan untuk meningkatkan strategi optimasi pencarian dan mengalahkan pesaing dengan cepat. Apakah itu Facebook, Twitter, Google Plus, atau platform baru seperti Pinterest, Anda perlu melibatkan target audience Anda. Hal itu berpengaruh pada peringkat pencarian! Dalam hal apapun, Anda harus tahu etiket dan benar-benar mematuhi syarat dan kondisi dari setiap platform sosial di mana Anda berpartisipasi.

Ya, SEO adalah (masalah) sosial (seperti yang mungkin telah Anda dengar selama ini).

# 7. Tingkatkan kecepatan loading situs web

Kecepatan loading website Anda juga merupakan salah satu faktor kunci yang mempengaruhi peringkat pencarian organik. Sebuah halaman web yang mengambil terlalu banyak waktu untuk memuat (ketika pencari mengklik link dalam hasil pencarian dan ingin membukanya) memberi pengalaman buruk bagi pengguna. Kecepatan download yang lambat dari sebuah situs dapat menyebabkan peringkat pencarian yang rendah di Google. Itu sebabnya kecepatan situs Anda benar-benar harus diperhatikan.

Dong apa bloong?! Kalau aku jujur aja bloong 😀 7 cara memperbaiki SEO pasca update google panda ini aku dapat juga dari http://www.mastergoogle.com/blog/7-best-seo-practices-to-follow-in-a-post-panda-market.php. Mungkin kalau ada suhu / mastah yang mau mengajari aku, dipersilahkan melalui kotak komentar ya 😀

Go Go blog!!

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of