6 Plugins Penting Untuk Blog WordPress

6 Plugins Penting Untuk Blog WordPress

WordPress adalah salah satu platform yang menurut saya sangat mudah diatur ketika membuat sebuah blog atau website. Tidak perlu seorang yang ahli coding untuk membuat sebuah blog WordPress dengan tampilan yang menarik karena pada wordpress sudah disediakan banyak themes dan juga plugins pendukung untuk memaksimalkan tampilan dan juga performa blog yang dibuat.

Ada beberapa plugins standard yang harus kita instal untuk menambah performa sebuah blog. Plugins standard itu antara lain adalah; akismet, google xml sitemap, Google analyticator, WP SEO, dan lain-lain. Namun ada beberapa plugins lagi yang perlu kamu tambahkan ke dalam blog WordPress kamu. Plugins apa saja itu?

1. WordPress Mobile Pack

Jika pengunjung membuka blog kita dari smartphone dimana blog kita masih dalam bentuk full site, maka kemungkinan besar proses loading akan sangat lama, terutama bila blog kita punya banyak gambar. Nah, untuk membantu masalah ini kita perlu menginstal plugins WP mobile pack sehingga pengunjung blog yang membuka blog kita dari smartphone akan melihat blog kita dalam bentuk mobile yang tentunya jauh lebih ringan. Dengan menginstal plugins ini, setiap orang yang mengunjungi blog kita dari smartphone atau gadget mobile lain akan otomatis membuka blog kita dalam versi mobile yang lebih ringan loadnya.

2. Facebook Comments for WordPress

Hampir semua orang memiliki akun di facebook, nah ini adalah kesempatan yang harus dimanfaatkan untuk menambah trafik dari media sosial ini. Dengan plugins facebook comments for wordpress, kita memberikan kesempatan bagi pengguna facebook yang sedang membuka blog kita untuk memberikan komentar di kolom facebook comments. Ketika pengunjung tersebut memposting komentarnya maka komentar dan link blog kita tersebut akan otomatis terkirim juga halaman facebook mereka (jika mereka mengijinkan).

Kemungkinan besar teman-teman komentator tersebut akan membacanya karena sudah berada di wall facebooknya. Dan ketika itu terjadi maka kemungkinan besar teman-temannya itu akan membuka link blog kita tadi, tentu saja ini menguntungkan buat kita bukan.

3. AddThis Social Bookmarking Widget

Plugins ini berfungsi untuk meningkatkan efek viral dari blog kita. Plugin AddThis akan menampilkan tombol like, tweet, dan share ke 330 website populer. Selain itu, plugin ini juga memungkinkan kita untuk memonitor statistik berapa orang yang meng-klik tombol share tersebut dan berapa banyak orang yang mengunjungi blog kita dari hasil share tersebut. Dan untuk mendapatkan fitur dari plugin ini, kita harus mendaftar di situs Addthis.com. Kamu bisa memilih untuk menggunakannya atau tidak.

4. Plugin Bulletproof Security

Plugin ini membantu untuk meningkatkan keamanan blog kita pada level lebih tinggi. Bulletproof security memberikan proteksi pada percobaan XSS, RFI, CRLF, CSRF, Base64, Code Injection and SQL Injection hacking pada sebuah blog/ website wordpress. Jadi ada baiknya kamu menggunakan plugin ini untuk keamanan blog wordpress kamu.

5. Plugin Login Lockdown

Plugin ini bertujuan untuk menambah tingkat keamanan blog WordPres dimana plugin ini akan mengunci sebuah alamat IP komputer yang berusaha untuk login dan melakukan kesalahan memasukkan username atau password WP kita. Kita bisa setting batas maksimal kesalahan yang boleh dilakukan ketika login, tapi saya sendiri biasanya setting maksimal 3 kali kesalahan saja.

6. Plugin Theme My Login

Mungkin kamu bosan dengan tampilan WP login blog kamu yang itu-itu saja. Dengan plugin ini, kamu bisa mengubah tampilan WP login blog kamu menjadi lebih menarik dari sebelumnya. Setelah menginstal dan mengaktifkan plugin ini, WP login kamu akan berubah menjadi www.namalogin.com/login. Selain itu halaman login kamu akan menggunakan theme yang kamu gunakan pada blog tersebut.

40
Leave a Reply

Please Login to comment
19 Comment threads
21 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
21 Comment authors
sutopoprastyAbdur rahmantomiAmri Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Rosid
Guest

Ada yang tidak kalah petningnya lagi, bahkan menurut saya sangat penting. Setiap kali blog dibikin, plugin-plugin ini yang pertama kali saya install. Yaitu : 1. JETPACK Satu plugin tapi multi fitur. Poin 1 dan 3 diatas bisa tergantikan. Fiturnya antara lain ; a. Statistik b. Social Bookmark c. WP Shortlink d. Contact Form e. Mobile Theme f. Custom CSS g. Mobile Push Notifications h. Carousel i. Spelling and Grammar j. Subscriptions dan lain sebagainya lebih dari 20 fitur. Saya pernah menuliskannya disini : 2. AKISMET Satpamnya spam 3. SEO by YOAST Plugin SEO yang menurut saya sangat powerfull 4. DB… Read more »

Bimakuru
Guest

@Rosid: klo menurut pengalaman anda, mendingan mana antara SEO by YOAST vs. AIO Seo Pack ? thx 🙂

Rosid
Guest

Kalau menurut pengalaman saya sih mending SEO by YOAST 🙂

Dhimas Kirana
Guest

aku juga mendingan SEO by Yoast, saya hijrah dari AIOSP ke SEO Yoast..

hybrid car
Guest

wah baru lagi nih recomendasi plugin-nya tom. terus yang lama ?

Max Manroe
Guest

@Bimakuru: Kalau menurut saya, masih lebih baik WP SEO by Yoast karena fitur SEO nya jauh lebih lengkap dibanding AIO. Selain itu ada pilihan utk menampilkan author G+ utk homepage, twitter cards, dan fitur lainnya. Tapi itu kembali pada pilihan masing-masing, mana plugins yang paling nyaman digunakan 🙂

aspadani
Guest

plugin anti spam selain akismet apa ya bro..
mohon rekomendasi…

OkeFilm.com
Guest

Pertanyaan:
1. Jika kita mengubah halaman login ke /loginnew.php apa saat plugin di nonaktifkan apa kembali ke /wp-login.php karena perlu di nonaktifkan saat update wordpress.
2. Apa semua plugin tersebut dapat membuat server high?

Ndop
Guest

Kok aku gak nduwe pluginmu blas ya. Hahah.. Beda selera mungkin.. Eh sing lockdown tok aku nduwe..

Layakbaca
Guest

Saya sudah pindah ke blogspot cos gak mampu bayar hosting waktu itu.. Salam kenal gan

Cahya
Guest

Saya malah ndak ada menggunakan pengaya yang disebut di atas. Untuk tampilan mobile, saya memilih tema yang sudah bisa mengatur itu langsung :). Untuk masalah komentar, saya masih menggunakan Disqus, apalagi komunitasnya sudah bertambah banyak. Paling cuma itu saja.

Kliknans
Guest

Dari ke 6 plugin yang mas sebutkan, saya baru make satu aja…hehe.. untuk security saya masih pake wp firewall.. pengen nyoba juga plugin Bulletproof Security ….

Makasih banyak banget sharenya, Mas… jadi nambah ilmu… :Angel:

Achot
Guest

tak ada satupun plugin diatas aku pasang di blog.. sama mungkin alesan na dengan mas ndop.. beda selera.. 😀

AHMAD
Guest

Ah dari pada pusing install plugin yg masing-masing bilang bagus, isaya mah pilih klanin pake addword aja kalo binis online sih, toh skrg makin murah

MdarulM
Guest

Yup, saya sudah menginstall plugin nomor 4. Penting! catet! Anti Hack
Btw, semakin banyak nginstall plugin juga mempengaruhi performa Blog sih…so bijak aja memilih plugin sesuai kebutuhan menurutku. yoyoi…

Citra Garment
Guest

wah , banyak bgt pluginnya .? bisa sampai segitu ternyata 😀 oke oke..? makasih buat infonya 😀

satria jagad
Guest

Dari sekian banyak saran untuk tips mengamankan blog,baru disini saya ketemu dengan plugin theme my login…thanks banget buat sharenya mas..salam kenal

Amri
Guest

Kalo udah pake themes responsive kayaknya gak perlu pake WordPress Mobile Pack lagi mas :Happy-Grin:

Abdur rahman
Guest

Makasih mas atas infonya…..

Abdur rahman
Guest

Makasih mas atas ilmunya

prasty
Guest

newbie ijin nyimak,,low ada waktu silahkan berkunjung di blog saya bang..
saya masih pakai yg default.

sutopo
Guest

wah makasih gan atas bantuanya, udah share tentang plugin,sebelumnya saya belum tahu apa itu plugin setelah menjelajah di google akhirnya tahu juga..
dan alhamdulilah sudah di kasih tahu plugin yang harus atau wajib di gunakan pada blog berplatform wordpress.