5 Upaya yang Bisa Diterapkan untuk Menghemat Keuangan Keluarga Muda

Agar kondisi keuangan keluarga muda tetap sehat memang bukan hal yang mudah untuk diterapkan, apalagi bagi pasangan yang baru saja menikah memang sering kali gaya hidup antara keduanya jauh berbeda. Tak hanya itu income yang didapatkan mungkin juga belum seberapa untuk dikatakan hidup berkecukupan, apalagi jika seandainya mereka menikah di usia yang masih sangat muda dan baru saja berkarir. Sehingga masalah finansial mungkin akan jadi makanan sehari-hari yang harus dihadapi oleh pasangan muda tersebut, asalkan jangan sampai menyebabkan terjadinya perceraian saja.

Bagi pasangan yang baru saja menikah mungkin masih jadi masa yang paling menyenangkan sebelum nantinya menghadapi beban rumah tangga yang cukup kompleks, apalagi jika sudah berhubungan dengan kondisi finansial. Hal yang sering kali menjadi pemicunya karena belum tahu bagaimana cara untuk mengelola anggaran dengan benar. Ingin hidup hemat, namun ternyata untuk menerapkan prinsip tersebut bukanlah yang mudah untuk dilakukan, apalagi jika sebelum menikah sudah terbiasa dengan gaya hidup yang cukup boros.

Namun bukan hal yang mustahil pastinya untuk mengubah kebiasaan boros tersebut menjadi jauh lebih hemat, cukup dengan menerapkan beberapa cara berikut ini bagi pasangan muda, diantaranya adalah:

Family laughing under a dream home
  1. Mulai memasak makanan sendiri, tak masalah juga jika sebelumnya sebagai istri Anda tidak bisa memasak, karena sekarang ini bisa dengan mudah belajar dengan panduan yang sangat jelas dari Youtube. Dengan memasak makanan sendiri paling tidak cukup efektif di dalam menekan angka pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari, apalagi jika sudah tinggal bersama dibandingkan dengan membeli makanan memang jauh lebih hemat memasak sendiri. Bisa juga nantinya rutin dalam membawa bekal ke tempat kerja, sehingga tidak jajan di luar.
  2. Mulailah untuk mengurangi aktivitas hiburan di luar, jangan takut untuk menolak ajakan teman Anda untuk sekedar nongkrong atau mungkin jalan-jalan, ingat selain karena sudah memiliki pasangan hal ini juga efektif untuk menghemat pengeluaran. Karena faktanya secara tidak sadar kebutuhan akan hiburan ini yang memakan banyak uang.
  3. Manfaatkan fasilitas gratis yang ada, seperti diantaranya adalah wifi, ketika Anda bekerja di kantor pastinya akan disediakan dengan fasilitas internet gratis ini, tidak perlu sungkan untuk memanfaatkannya, dengan demikian nantinya kuota Anda akan jauh lebih hemat. Jadi uang untuk kebutuhan internet nantinya bisa ditabung.
  4. Belanja dengan cerdas, wanita sebagai ibu rumah tangga yang memiliki peran begitu penting untuk hal yang satu ini, yaitu berbelanja berbagai macam kebutuhan sehari-hari dengan cerdas. Pilah-pilih tempat berbelanja yang tawarkan harga lebih murah, seperti diantaranya adalah pasar tradisional, begitu juga dengan jumlahnya, hendaknya jangan beli berlebihan jika tidak ingin terbuang sia-sia.
  5. Hemat listrik dan juga air, mungkin banyak yang tidak sadar bahwa sebenarnya dua hal ini juga sangat cepat menguras keuangan, semakin Anda boros maka nantinya pengeluaran juga akan kian melonjak jumlahnya, hal-hal sederhana seperti biasa mematikan lampu rumah ketika siang hari, kemudian juga mencabut segala macam kabel yang ada di stop kontak maupun mengurangi durasi mandi bisa sangat menghemat pengeluaran tersebut.

Coba terapkan sendiri di rumah dan lihat hasilnya berapa banyak uang yang bisa Anda hemat. Hal-hal di atas akan menjaga keuangan keluarga muda nantinya tetap stabil dan pastinya juga jauh dari berbagai macam resiko seperti diantaranya adalah krisis.

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of