5 Dasar On Page SEO Yang Wajib Diketahui Oleh Praktisi SEO Pemula

5 Dasar On Page SEO Yang Wajib Diketahui Oleh Praktisi SEO Pemula

Sebelumnya perkenalkan terlebih dahulu, nama saya Rudi Nazar dari situs dimana saya berbagi ilmu mengenai Belajar SEO, dan pada kesempatan kali ini saya senang sekali karena bisa menulis di situs ini mengenai Dasar On Page SEO, dan tak lain karena mas tomi yang baik hati yang mengijinkan saya untuk mencorat-coret blognya :).

Di Guest Post yang singkat ini juga saya akan sedikit berbagi ilmu mengenai SEO (Search Engine Optimization), yang semoga bermanfaat untuk para sahabat pembaca blog tomipurba [dot] net. jadi langsung saja..

5 Dasar On Page SEO Yang Wajib Diketahui

Untuk anda yang sudah mengerti mengenai SEO pasti sudah tidak asing mengenai posting yang akan saya bahas ini, karena saya juga bermaksud menulis guest posting ini hanya untuk mereka yang sedang belajar SEO khususnya untuk pemula.

Kemudian kenapa saya bilang wajib? karena hal ini merupakan sangat dasar dan wajib diterapkan pada situs/halaman yang ingin anda optimasi atau halaman yang sedang anda target untuk mendapat Ranking #1 di Google.

Perlu anda ketahui juga, walaupun sebagian besar faktor yang membuat situs ranking 1 adalah backlink, tetapi hal tersebut rasanya tidak akan lengkap dan akan terasa lebih susah untuk ranking tinggi tanpa On Page SEO yang baik dan benar.

Jadi apa saja Dasar On Page SEO yang wajib diketahui dan diterapkan oleh Praktisi SEO pemula, Mari bahas satu persatu.

1. Title Tag
Title tag adalah suatu judul pada posting atau artikel yang dibaca dan muncul di search engine, perlu diperhatikan Title Tag berbeda dengan judul artikel suatu post, seperti judul posting ini “5 Dasar On Page SEO Yang Wajib Diketahui Oleh Praktisi SEO Pemula“, kemudian kita bisa membuat title tag tersebut menjadi yang kita inginkan.

Saya pribadi menggunakan Plugin WordPress SEO by Yoast untuk mengganti Title tag artikel di situs saya, sehingga hal tersebut akan membuat halaman artikel di search engine lebih menarik, dan akan menggoda orang untuk mengkliknya.

Terdapat plugin yang juga sama fungsinya yaitu mengganti title tag seperti All in One SEO Pack, dan lain – lain. Sedangkan untuk platform situs lainnya saya belum mengetahui bagaimana cara mengganti title tag ini, karena saya sangat malas untuk mempelajarinya :), juga karena lebih mudah menggunakan WordPress untuk mengganti title tag dan mengoptimasi situs.

Jika anda tidak mengganti Title Tag maka yang akan muncul pada hasil SERP adalah judul post anda sendiri, jadi pastikan judul postingan anda menarik sehingga orang mau mengkliknya.

2. Meta Description
Meta Description merupakan deskripsi singkat mengenai suatu halaman atau posting, seperti contoh gambar dibawah ini

dasar on page seo

Meta Description dapat juga diganti menggunakan Plugin WordPress SEO by Yoast atau All in One SEO pack, dan sama seperti title tag, jika anda tidak mengganti meta description, maka yang akan muncul pada hasil SERP sebagai meta description adalah kalimat awal postingan anda.

3. URL
URL atau kepanjangan dari (Uniform Resource Locator) adalah rangkaian huruf yang membentuk sebuah link, URL juga sangat penting untuk SEO, karena itu pastikan anda membuat URL se-relevan mungkin dan dengan menggunakan keyword yang anda target.

Contoh seperti halaman ini mempunyai URL “http://tomipurba.net/5-dasar-on-page-seo/” karena jujur saya mentarget ranking tinggi untuk kata kunci “Dasar On Page SEO” dan contoh lain seperti ini http://www.rudinazar.com/apa-itu-seo/.

Begitu juga dengan anda, jika anda mentarget sebuah kata kunci untuk ranking tinggi, pastikan membuat URL dengan keyword yang ditarget.

4. Heading
Heading adalah kumpulan kata yang menjadi judul dalam suatu dokumen HTML, terdapat 6 tinggkat dalam Heading dari Heading 1 (h1) sampai dengan yang terkecil Heading 6 (h6).

dasar on page seo

Heading 1 biasanya tertera pada suatu judul post, dan heading 2 seperti pada postingan ini yang tertulis “5 Dasar On Page SEO Yang Wajib Diketahui“.

Jika anda menginginkan ranking dengan kata kunci yang anda target, maka jangan lupa juga untuk menyisipkan kata kunci yang anda target pada Heading 1 dan Heading 2, hal ini agar posting anda terlihat lebih relevan oleh Google.

5. Link ke Situs PR Tinggi
Ini juga merupakan hal yang penting, jika anda membuat posting, pastikan tidak lupa untuk melink ke situs yang dipercayai Google, atau situs yang berPR tinggi, seperti WikiPedia, YouTube, dan BBC.co.uk.

Hal ini agar halaman yang anda optimasi lebih di percaya search engine, karena melink ke situs yang berPR tinggi.

Saya rasa sekian dulu Guest Post ini, semoga dapat bermanfaat untuk sahabat tomipurba [dot] net, jika ada tamabahan atau saran silahkan berkomentar dengan baik :).

32
Leave a Reply

Please Login to comment
23 Comment threads
9 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
25 Comment authors
tips n newsAndroid IndonesiaKukuheezhalahmad faza Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Agung Talaga
Guest

Enak ya pake platform wp, tinggal diinstal plugins nya trus disetting deh untuk optimasi SEO On Page blog. Saya rencana mau menggunakan wp tapi belum ada ada yg cukup untuk menggunakan layanan itu. O Iya terima kasih atas informasinya ya sob.. πŸ™‚

merry
Guest

terima kasih sudah berbagi ya bos..

hybrid car
Guest

Kapan ya Tomi mengijinkan saya untuk corat-coret di blog-nya ? hehe… πŸ˜€

rudi nazar
Guest

coba kontak aja mas tominya, baik ini ko πŸ˜€

hybrid car
Guest

oke mas. saya serumah kok sama tomi, biar nanti tak ketok kamarnya….hehehehe…..

pulau pari
Guest

terima kasih yah gan atas infonya,,,,

pulau pari
Guest

Terimakasih mas tomi sudah berbagi, sangat bermanfaat untuk kami

indobrad
Guest

saya baru tau kalo trik nomor 5 itu ada gunanya. hehehe, thanks ya

stephanus christiono
Guest

Wah… kapan nech mas tomi kasih tutorial setting WordPress SEO by Yoast?? sepertinya akan semakin membantu.. hehe..

mas kris tunggu ya… :Tounge-Out:

giewahyudi
Guest

Wah banyak juga triknya ya. Saya coba terapkan dulu dan mari kita tunggu hasilnya..

ndop
Guest

woh bahasanya bedaa… ternyata guest blogger…

Cupit
Guest

hihi,,
aku juga kaget, kok bahasanya beda, ternyata penulisnya beda yo mas ndop.. πŸ˜€

Kerudung Bagus
Guest

Ini yang saya cari gan, terima kasih banyak sangat bermanfaat sekakali buat saya, semoga blognya maju terus amin

The Kolor Superman
Guest

Kalau ngomongin SEO langsung mumet dah kepala…

Sulthonul Mubarok
Guest

coba di terapkan nih triknya… makasih mas tomi…

Prapto
Guest

buat saya yang agak susah menerapkan itu yang 4 & 5 mas, mungkin perlu belajar lebih lagi ini :Tired:

EventJogja
Guest

ayo diterapkan supaya SEO blognya naik terus πŸ˜€

Agen Peninggi Badan Tiens
Guest

ok mas info yg sangat bermanfaat nih untuk optimasi on page. kira2 yang paling penting itu seo on page atau off page ya?

rudi nazar
Guest

dua – duanya pasti penting mas agen, biar seimbang πŸ™‚

farizalfa
Guest

Dulu emang saya rajin buat memperhatikan SEO tapi sekarang udah enggak, πŸ™‚
lebih baik biasa-biasa aja. hehe

Sumber
Guest

Gan, kok di hasil pencarian saya deskripsinya malah muncul kyk yg dibawah kotak komentar ini ya “You may use these HTML tags and attributes: bla bla bla” itu knapa gan ? apa harus dihapus aja ?

ahmad faza
Guest

aku suka cara penulisan mas tomi
ulasan yang keren
langsung eksekusi πŸ˜€

merry
Guest

Makasih banget ya artikel ini.. ini sangat membantu saya karena saya ini masih pemula dalam bidang SEO

Kukuh
Guest

Ditunggu kelanjutan tutorialnya om..

Android Indonesia
Guest

yang ngelink ke situs besar itu sangat berkebalikan dgn SEO yang dulu

tips n news
Guest

5 dasar seo dalam halaman di atas bagi pemula ini sesuatu yang substansi; betul apa kata mas tomi eh mas rudi, WAJIB diketahui, thx mas.